Breaking News:

Peringatan Dini BMKG Sabtu 11 September 2021: Waspada Hujan Lebat di 26 Wilayah, Termasuk Jateng

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia.

Penulis: Anggie Irfansyah
Editor: Suli Hanna
Istimewa
Ilustrasi hujan petir, peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, Sabtu 11 September 2021 

Reporter: Anggie Irfansyah

TRIBUNSTYLE.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia untuk Sabtu (11/9/2021).

Melalui laman resminya, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem untuk beberapa wilayah di Indonesia.

Diperkirakan, sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Dilansir dari web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan, STS Conson yang terpantau di Laut Cina Selatan sebelah timur Vietnam masih memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Jumat 10 September 2021: Waspadai Cuaca Ekstrem di 27 Wilayah Berikut Ini

Foto ilustrasi hujan lebat dan petir.
Foto ilustrasi hujan lebat dan petir. (Keli Black/Pixabay)

STS Conson tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara dan di Laut Natuna serta peningkatan kecepatan angin permukaan (low level jet) di Laut Andaman, perairan utara Aceh, Teluk Thailand, pesisir timur Vietnam, Laut Cina Selatan dan di Laut Natuna bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan curah hujan serta memberikan pengaruh terhadap peningkatan tingi gelombang di sekitar Laut Natuna, Teluk Thailand, perairan timur Vietnam, dan perairan utara Aceh.

Typhoon CHANTHU juga terpantau di perairan utara Filipina dengan posisi yang cukup jauh dari wilayah Indonesia.

Namun hal ini dapat memberikan dampak tidak langsung pada peningkatan kecepatan angin di Laut Cina Selatan dan Laut Sulu.

Sehingga mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan tinggi gelombang di sekitar Laut Cina Selatan, Laut Sulu, dan perairan timur Filipina.

Halaman
1234
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved