Breaking News:

Trending Hari Ini

Mulai Hari Ini Sudah Diberikan untuk Warga Jakarta, Simak Syarat-syarat Penerima Vaksin Pfizer Baru

Diberikan untuk Warga DKI Mulai Hari Ini, Simak Syarat Penerima Vaksin Pfizer!

Editor: Dhimas Yanuar
JUSTIN TALLIS / AFP
Vaksin corona Covid-19 Pfizer. 

TRIBUNSTYLE.COM - Pemerintah Indonesia kembali menambahkan daftar merek vaksin Covid-19 untuk masyarakat umum.

Kali ini, warga DKI sudah diperbolehkan mendapat suntikan vaksin Pfizer.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI, vaksin Pfizer dengan merek COMIRNATY yang sudah tiba di Indonesia akan diperuntukan bagi masyarakat umum.

Baca juga: Anies Baswedan Minta Warga Segera Vaksin Covid-19 Supaya Bisa Ramaikan Masjid Kembali

Baca juga: KABAR BAIK Vaksin Pfizer Datang 1,5 Juta Dosis, Prioritas untuk Ibu Hamil, Ini Syarat & Ketentuannya

Petugas medis saat menunjukkan vaksin AstraZaneca yang digunakan untuk dosis kedua bagi warga di sentra vaksinasi Generali di kawasan Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/8/2021). Generali memfasilitasi vaksinasi dosis kedua yang diikuti lebih dari 1000 orang yang merupakan masyarakat rentan seperti lansia, pelayanan publik, pengemudi angkutan umum dan masyarakat umum guna mempercepat herd immunity serta menekan angka positif Covid-19.
Petugas medis saat menunjukkan vaksin AstraZaneca yang digunakan untuk dosis kedua bagi warga di sentra vaksinasi Generali di kawasan Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/8/2021). Generali memfasilitasi vaksinasi dosis kedua yang diikuti lebih dari 1000 orang yang merupakan masyarakat rentan seperti lansia, pelayanan publik, pengemudi angkutan umum dan masyarakat umum guna mempercepat herd immunity serta menekan angka positif Covid-19. (Tribunnews/Jeprima)

Diketahui, vaksin Pfizer telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021 lalu.

Penyuntikan perdana vaksin Pfizer untuk masyarakat umum dimulai pada Senin (23/8/2021).

Dirangkum dari berbagi sumber, vaksin Pfizer mulai disuntikan di beberapa tempat, seperti Puskesmas Kelapa Gading, Puskesmas Kecamatan Cilandak, Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, hingga BPSDM Kementerian Kesehatan Hang Jebat.

Pada tahap awal, vaksin ini telah didistribusikan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Prioritas pemberian ke wilayah Jabodetabek dikarenakan sistem logistik yang kompleks dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya.

Vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan, karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara –90 hingga –60 derajat Celcius.

"Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM.

 

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved