Berita Terpopuler

POPULER 5 Fakta Maria Pauline Lumowa: Bobol Bank Rp 1,7 Triliun, Tertangkap setelah 17 Tahun Diburu

Inilah 5 fakta Maria Pauline Lumowa, sepak terjang pelaku pembobolan bank BNI Rp 1,7 Triliun, tertangkap setelah 17 tahun jadi buron.

Tribunstyle.com/kolase Kompas TV
Maria Pauline Lumowa 

TRIBUNSTYLE.COM Nama Maria Pauline Lumowa kini tengah menjadi sorotan publik.

Maria merupakan buron tersangka kasus pembobolan Bank BNI, diekstradisi dari Serbia dan tiba di Indonesia pada Kamis (9/7/2020).

Proses ekstradisi dilakukan oleh delegasi pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham) Yasonna Laoly.

"Dengan gembira, saya menyampaikan bahwa kami telah secara resmi menyelesaikan proses handing over atau penyerahan buronan atas nama Maria Pauline Lumowa dari Pemerintah Serbia," kata Yasonna Laoly seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/7/2020).

Menurut Yasonna, upaya ekstradisi Maria tak lepas dari diplomasi hukum dan hubungan baik antarnegara serta komitmen pemerintah dalam penegakan hukum.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bersama buron pelaku pembobolan BNI, Maria Pauline Lumowa, yang diekstradisi dari Serbia, Rabu (8/7/2020).
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bersama buron pelaku pembobolan BNI, Maria Pauline Lumowa, yang diekstradisi dari Serbia, Rabu (8/7/2020). (ARSIP KEMENKUMHAM)

 Kritisi Isu Pembebasan Koruptor, Najwa Shihab Cecar Menteri Yasonna, Boy William: Sikat Mba Nana!

Lantas siapa sebenarnya sosok Maria Pauline Lumowa ini?

Bagaimana pula sepak terjangnya hingga menjadi buronan internasional?

Dikutip dari Kompas.com, inilah 5 fakta Maria Pauline Lumowa selengkapnya.

1. Bobol bank BNI Rp 1,7 Triliun

Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas Bank BNI Cabang Kebayoran Baru senilai Rp 1,7 triliun lewat letter of credit (L/C) fiktif.

Kasusnya berawal pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003. Ketika itu Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dollar AS dan 56 juta euro atau sama dengan Rp 1,7 triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Amirul Muttaqin
Editor: Suli Hanna
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved