Tips Kesehatan

Manfaat Kompres Air Dingin Pada Mata Lelah Setelah Seharian Bekerja, Simak Cara Dokter Ini

Untuk mengurasi mata kelelahan, dokter spesialis mata dr. I Gusti Ayu Made Juliari, Sp.M (K) menyarankan mengompres mata dengan kapas dan air putih di

ISTIMEWA
Manfaat kompres air dingin pada mata lelah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNSTYLE.COM -- Bekerja dan melakukan banyak aktivitas terlebih pekerjaan yang banyak menatap layar membuat mata mudah lelah.

Mata lelah bisa menimbulkan gejala seperti mata kering, gatal, ada yang menimbulkan kedutan yang bisa memancing timbulnya pusing atau rasa tegang dibagian leher bagian belakang.

Untuk mengurasi mata kelelahan, dokter spesialis mata dr. I Gusti Ayu Made Juliari, Sp.M (K) menyarankan mengompres mata dengan kapas dan air putih dingin.

"Untuk mengurangi lelah dimata kompres mata dengan air dingin biar lebih relaks, air dingin sudah disiapin dulu sebelun ngantor jadi bisa relaksasi baru mengerjakan aktivitas lain," ungkap dr. Ayu saat live di Radio Kesehatan, Senin (29/6/2020).

 

Terbiasa Minum Kopi? Ketahuilah Ini Efek Samping untuk Kesehatan Jantung

Tren Bersepeda Semakin Menjamur, Ini Tips Gowes Sederhana dan Aman dari Pegiat Komunitas Sepeda

Ilustrasi kompres kantong teh celup.
Ilustrasi kompres kantong teh celup. (styestreatment.com)

Mengingat saat ini sedang terjadi pandemi covid-19, dr. Ayu mengingatkan setelah pulang bekerja atau beraktivitas di luar rumah mandi dulu supaya bersih barulah mengompres mata

"Dulu saya sarankan kepada pasien pulang kerja sampai rumah kompresnya, sekarang karena covid-19 pulang kerja, mandi dulu baru mengonpres mata. Apalagi musim pandemi tangan harud bersih banget kalau mau pegang mata-mat," kata dr. Ayu.

Dr. Ayu menyebutkan beberapa orang ada yang meredakan mata lelah ini dengan mentimun supaya sekaligus bisa digunakan untuk masker wajah.

Namun bagi sebagian orang getah mentimun ini bisa menimbulkan iritasi di kulit terlebih yang kulitnya sensitif jadi lebih aman apabila menggunakan kapas dan air dingin saja.

"Boleh gak pakai timun? Boleh tapi kadang kan timun ada getah pada beberapa orang bisa alergi tapi di beberapa orang baik-baik saja, tapi untuk amannya air dingin aja," pungkas dr. Ayu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Dhimas Yanuar
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved