Kolaborasi Tiga Kementerian, 50 Persen Dana BOS Untuk Gaji Guru Honorer, Ini Persyaratannya

Mendikbud umumkan 50 persen alokasi dana BOS untuk kesejahteraan guru honorer. Namun tak sembarangan guru honorer, ada persyaratan khusus, diantaranya

instagram @kemdikbud.ri
Nadiem Makarim mengumumkan peraturan dana bos terbaru 

TRIBUNSTYLE.COM - Penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) kini 50 persen di antaranya dapat digunakan untuk bayar gaji guru honorer.

Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan dirinya telah berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan kesejahteraan dari guru honorer dan tenaga pendidikan.

"Penggunaan BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah.

Melalui kolaborasi dengan Kemenkeu dan Kemendagri, kebijakan ini ditujukan sebagai langkah pertama untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honorer dan juga untuk tenaga kependidikan," ujar Mendikbud Nadiem salam konferensi pers bersama Menteri Keuangan, dan Menteri Dalam Negeri di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Konferensi pers Kemdikbud, Kemenkeu dan Kemendagri
Konferensi pers Kemdikbud, Kemenkeu dan Kemendagri (instagram @kemdikbud.ri)

Dikutip TribunStyle.com dari laman kemedikbud.go.id, sebelumnya alokasi pembayaran gaji guru honorer hanya 15 persen untuk sekolah negeri dan 30 persen untuk sekolah swasta.

Mendikbud pun menegaskan, maksimal untuk gaji guru honorer adalah 50 persen.

Menurut Nadiem Makarim, perubahan mekanisme biaya operasional sekolah ini adalah salah satu esensi dari kebijakan Merdeka Belajar dan menjadi langkah awal untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

Dirinya juga menerangkan jika ia melibatkan kepala sekolah karena yang mengetahui guru honorer di lapangan adalah kepala sekolah masing-masing, jadi Mendikbud memberikan otonomi kepada sekolah. 

“Kita nggak lihat satu per satu kebutuhan sekolahnya apa. Yang bisa tahu apa kebutuhan sekolah dalam operasionalnya adalah kepala sekolah dan guru yang bersangkutan,” ujar Mendikbud menjelaskan prinsip fleksibilitas dari alokasi dana BOS itu.

Bantuan operasional sekolah ini tak serta merta diberikan untuk seluruh guru honorer.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Tsania Fadhillah
Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved