Breaking News:

Viral Hari Ini

Nadiem Makarim: 'Ujian Nasional Dihapus, UN 2020 Terakhir', Penyederhanaan RPP Guru & Sistem Zonasi

Nadiem Makarim resmi hapus ujian nasional, UN tahun 2020 adalah yang terakhir. Kebijakan penyederhanaan RPP untuk guru dan sistem zonasi fleksibel.

KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAP
Nadiem Makarim resmi hapus ujian nasional, UN tahun 2020 adalah yang terakhir. Kebijakan penyederhanaan RPP untuk guru dan sistem zonasi fleksibel. 

TRIBUNSTYLE.COM - Nadiem Makarim resmi hapus Ujian Nasional, UN tahun 2020 adalah yang terakhir. Kebijakan penyederhanaan RPP untuk guru dan sistem zonasi fleksibel.

Nadiem memastikan bahwa program UN akan tetap dilaksanakan pada 2020.

Rencananya, pada tahun 2021 program Ujian Nasional (UN) akan digantikan dengan pertimbangan telah dilakukan persiapan oleh pihak sekolah dan siswa untuk menghadapinya.

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim telah menetapkan 4 pokok kebijakan bidang pendidikan nasional melalui program "Merdeka Belajar" yang ia luncurkan pada (11/12/2019) lansir dari Kompas.com.

5 Fakta Asesmen Kompetensi Minimum Pengganti Ujian Nasional / UN, Nadiem Makarim Ungkap Kelebihannya

Potret 3 Menteri Jokowi, Nadiem Makarim & Wishnutama Berseragam SMA, Erick Thohir Jadi Tukang Bakso

Program "Merdeka Belajar" ini meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

"Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," tegas Nadiem.

Mendikbud Nadiem Makarim saat Rapat Koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).
Mendikbud Nadiem Makarim saat Rapat Koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019). (Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)
  • Penilaian USBN komprehensif

Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan penyelenggaraan USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional) tahun 2020 akan dilakukan dengan ujian yang diselenggarakan oleh sekolah.

Ujian tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi siswa dan dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau bentuk penilaian komprehensif seperti portofolio dan penugasan.

Portofolio yang akan menggantikan UN ini nantinya dapat dilakukan melalui tugas kelompok, karya tulis, maupun sebagainya.

"Dengan itu, guru dan sekolah lebih merdeka dalam penilaian hasil belajar siswa," ucap Nadiem.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Dhimas Yanuar Nur Rochmat
Editor: Archieva Nuzulia Prisyta Devi
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved