Breaking News:

Kemenkes Tegaskan Belum Ada Kasus Cacar Monyet atau Monkeypox di Indonesia, Ini Penyebarannya

Kemenkes tegaskan belum ada kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia, penyebarannya masih di Eropa dan Australia.

Editor: Dhimas Yanuar

TRIBUNSTYLE.COM - Kemenkes tegaskan belum ada kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia, penyebarannya masih di Eropa dan Australia.

Penyakit cacar monyet atau monkeypox tengah mewabah di berbagai negara.

Di antaranya adalah Inggris, Portugal, Spanyol, dan negara-negara Eropa lainnya.

Penyakit cacar monyet ini juga sudah menyebar hingga ke Australia.

"Saat ini belum ada kasus di Indonesia," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril kepada Tribunnews, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: PENYAKIT Langka Cacar Monyet Capai Angka Ribuan, Ini Sejarah Asal-usul hingga Penyebaran Monkeypox

Baca juga: Presiden Jokowi Izinkan Lepas Masker di Luar Ruangan, MUI pun Bolehkan saat Salat Jamaah Bersyarat

Akibat Virus Cacar Monyet atau monkeypox
Akibat Virus Cacar Monyet atau monkeypox (punch media)

Syahril berujar, Kemenkes sudah melakukan langkah-langkah kewaspadaan, seperti mengikuti perkembangan kasus di luar negeri, sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, serta upaya surveilans dan deteksi.

Kemenkes mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai tapi tidak panik yang berlebihan. Saat ini, ucap Syahril, Pemerintah selalu memantau perkembangan penyebarannya di negara-negara lain. 

"Selanjutnya masyarakat diminta agar selalu disiplin protokol kesehatan yang selama ini sudah menjadi budaya sehat. Dengan begitu kita sudah melakukan pencegahan dan proteksi diri masing-masing dari penularan penyakit apapun termasuk monkeypox ini," ujar Syahril.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengadakan pertemuan darurat pada Jumat, 20 Mei 2022.

Pertemuan dilakukan untuk membahas wabah cacar monyet baru-baru ini, infeksi virus yang lebih banyak ditemukan di Afrika barat dan tengah. 

Namun kasus cacar monyet kini mulai menginfeksi manusia di Eropa. Tercatat ada 100 kasus yang telah dikonfirmasi. Jerman menggambarkan merebaknnya cacar monyet pada manusia sebagai wabah terbesar di Eropa. 

Kasus serupa telah dilaporkan di setidaknya sembilan negara - Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris, serta serta Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

--

Simak penjelasan tentang penyakit langka cacar monyet, kini capai angka ribuan kasus, cek sejarah asal-usul hingga penyebaran monkeypox.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved