Breaking News:

AS Dikritik Keras, Standar Ganda Sanksi Berat ke Rusia, Tetapi Biarkan Konflik Israel & Palestina

AS dikritik habis, standar ganda sanksi berat ke Rusia, tetapi biarkan konflik Israel dan Palestina.

Editor: Dhimas Yanuar

TRIBUNSTYLE.COM - Amerika Serikat dikritik habis, standar ganda sanksi berat ke Rusia, tetapi biarkan konflik Israel dan Palestina.

Konflik dan invasi Rusia ke Ukraina menjadi sorotan tajam barat.

Tetapi nyatanya, Amerika Serikat tutup mata terkait konflik Palestina dan Israel yang sudah lama berjalan.

Baca juga: SOSOK Munib Al-Masri, Orang Terkaya di Palestina, Punya Kekayaan Fantastis, Terkuak Sumber Uangnya

Baca juga: Simbol Huruf Z Rusia, Jadi Propaganda Baru Mendukung Invasi ke Ukraina, Ini Penjelasannya

Api membumbung tinggi membakar pemukiman warga Palestina di Gaza oleh serangan udara tentara Israel, Selasa (11/5/2021)
Api membumbung tinggi membakar pemukiman warga Palestina di Gaza oleh serangan udara tentara Israel, Selasa (11/5/2021) (istimewa)

Amerika Serikat (AS) dan sejumlah sekutu dianggap menerapkan standar ganda karena mendukung sanksi dan investigasi kejahatan perang internasional terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Namun, AS dan sekutu justeru tapi memblokir upaya yang sama atas tindakan militer Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Kelompok-kelompok pro-Israel di AS telah menolak tuduhan itu dengan menuduh para kritikus mengeksploitasi penderitaan Ukraina untuk membuat persamaan yang salah.

Bulan lalu, Amnesty International bergabung dengan kelompok hak asasi manusia (HAM) lainnya menyerukan PBB untuk menjatuhkan sanksi yang ditargetkan terhadap Israel.

Israel dituduh melanggar hukum internasional, dengan mempraktikkan bentuk apartheid dan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam "dominasi" Palestina.

Pejabat Palestina dan pelapor khusus PBB di wilayah pendudukan juga telah mendesak sanksi atas perampasan tanah Israel di Tepi Barat, blokade Gaza dan pembunuhan besar-besaran warga sipil Palestina.

Sementara mendesak untuk tindakan sanksi ke Rusia, AS dan pemerintah lainnya telah menolak tindakan serupa terhadap Israel.

Standar ganda AS 

Pada Selasa (1/3/2022), Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan kepada dewan HAM PBB bahwa mereka harus mengirim "pesan tegas" kepada Vladimir Putin.

Tujuannya untuk menghentikan invasi yang telah menghancurkan sekolah, rumah sakit dan bangunan tempat tinggal, dan menewaskan ratusan warga sipil.

“Ini adalah pelanggaran hak asasi manusia, dewan ini dibuat untuk menghentikannya. Jika kita tidak bisa bersatu sekarang, kapan kita akan bersatu?” ujarnya kala itu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved