Breaking News:

Trending Hari Ini

MANFAAT Besar Vaksinasi Covid-19 Dua Dosis, Untungkan Kesehatan, Kurangi Gejala, hingga Long Covid

Ternyata vaksinasi dua dosis tak hanya kurangi gejala Covid-19, tapi ada manfaat kesehatan tak terduga ini!

Editor: Dhimas Yanuar
Tribunnews/Jeprima
Ternyata vaksinasi dua dosis tak hanya kurangi gejala Covid-19, tapi ada manfaat kesehatan tak terduga ini! 

TRIBUNSTYLE.COM - Orang dewasa yang sudah dilengkapi dengan 2 dosis vaksin, mempunyai presentasi 47 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami gejala jangka panjang Covid-19, atau akrab dengan sebutan Long Covid-19.

Pernyataan tesebut didasarkan pada pakar kesehatan di King’s College London menganalisis data peserta yang mencatat gejala, tes dan vaksin Covid-19.

Data-data tersebut diambil dari aplikasi UK ZOE COVID Symptom Study, yang memuat dan mencatat laporan-laporan perihal efek samping vaksin Covid-19 yang diterima oleh orang-orang Inggris yang telah divaksinasi

Melansir dari Medical Xpress, data yang dianalisis berasal dari data vaksinasi yang dimulai dari 8 Desember 2020 hingga 4 Juli 2021.

Baca juga: AMAN untuk Ibu Hamil, Syarat Vaksin Covid-19 & Cara Mendapatkannya, Cek Usia Kehamilan Anda

Baca juga: Banyak yang Tak Percaya, Ternyata WHO Resmi Terbitkan Vaksin Covid-19 Nusantara di Jurnal Uji Klinis

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada warga.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada warga. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Ini sudah termasuk 1.240.009 orang dengan suntikan dosis vaksin Covid-19 pertama dan 971.504 orang dengan suntikan dosis kedua pada orang dewasa Inggris yang divaksinasi.

Pada analisis tersebut, para peneliti menilai berbagai faktor termasuk usia, kerentanan kondisi dan area yang mengalami dampak dari suntikan, dan membandingkannya dengan infeksi pasca- vaksinasi.

Penelitian terpisah, mengenai dua dosis vaksin dapat mengurangi potensi Long Covid-19 juga sudah dipublikasikan di jurnal The Lancet Infectious Diseases.

Dalam penjelasannya, peneliti menemukan bahwa orang yang sudah menerima vaksin ganda atau dua dosis vaksin Covid-19 secara lengkap dapat berkurang hampir setengahnya, bahkan  kemungkinan kecil mengalami risiko long Covid-19 .

Kemungkinan rawat inap juga menurun 73 persen dan beban gejala akut lebih rendah 31 persen usai vaksinasi dua dosis. 

"Dalam hal beban Long Covid, penelitian kami telah menemukan memiliki vaksinasi ganda secara signifikan mengurangi risiko terkena virus dan Long Covid," jelas peneliti utama Dr. Claire Steves dari King's College London.

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved