Breaking News:

Trending Hari Ini

Indonesia Belum Berhasil Turunkan Angka Kematian Covid-19, di Atas Rata-rata Dunia Sejak Juli 2020

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia belum berhasil menurunkan angka kematian pasien.

Editor: Dhimas Yanuar
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional
Prof Wiku Adisasmito. 

TRIBUNSTYLE.COMJuru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia belum berhasil menurunkan angka kematian pasien.

Angka kematian masih melewati rata-rata dunia.

Per 29 Agustus 2021, persentase kasus kematian di Tanah Air mencapai 3,24 persen, sedangkan rata-rata dunia 2,08 persen.

"Sayangnya, persentase kematian di Indonesia masih konsisten berada di atas persentase kematian dunia sejak Juli 2020," kata Wiku dalam konferensi pers melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/8/2021).

Pada minggu ini, terdapat 10 provinsi yang mencatatkan angka kematian pasien tertinggi dan menyumbang 75 persen total kasus secara nasional.

Baca juga: 10.534 Kasus Baru, Jatim dan Jabar Tertinggi, DKI 8 Besar, UPDATE Corona Nasional 1 September 2021

Baca juga: PERINGATAN Bahaya Konsumsi Ivermectin Untuk Pasien Covid-19, CDC: Obat yang Tidak Diizinkan

Urutan negara berdasarkan angka kematian harian akibat Covid-19, 1 September 2021
Urutan negara berdasarkan angka kematian harian akibat Covid-19, 1 September 2021 (worldometers.info)

Sepuluh daerah itu yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Lampung, dan Kalimantan Selatan.

Wiku mengatakan, 9 dari 10 provinsi tersebut juga menjadi penyumbang tertinggi kasus aktif dan angka kesembuhan dalam waktu bersamaan.

Ini menandakan kualitas pelayanan kesehatan sudah ditingkatkan, tetapi kematian belum dapat ditekan.

Wiku menduga, hal itu terjadi karena lambatnya penanganan pasien Covid-19 atau masih adanya pasien yang melakukan isolasi mandiri dan tak mendapat perawatan di fasilitas isolasi terpusat atau rumah sakit.

"Selain itu, fokus penanganan Covid masih berada di hilir yaitu pelayanan pasien Covid, dan belum maksimal pada tingkat hulu yaitu pencegahan dan pengawasan disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved