Breaking News:

Ramadhan 2021

Apakah Orang yang Meninggal di Malam Takbiran Jelang Idul Fitri Harus Bayar Zakat? Ini Penjelasannya

Bagaimana hukum berzakat bagi orang yang meninggal di malam takbiran jelang Idul Fitri? Ini penjelasannya.

www.realsimple.com/500px.com
Ilustrasi zakat 

TRIBUNSTYLE.COM - Umat Muslim diwajibkan mengeluarkan zakat di bulan Ramadhan.

Kini kita telah memasuki penghujung Ramadhan 2021, sudahkah kalian berzakat?

Zakat merupakan sebagian dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim jika sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan (syariat Islam).

Membayar zakat termasuk ke dalam salah satu rukun islam dan ditujukan kepada asnaf (golongan orang yang memiliki hak untuk menerima zakat tersebut).

Adapun asnaf yang berhak mendapat zakat adalah fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, fisabilillah dan ibnu sabil.

Allah SWT telah berfirman dalam surah at-Taubah tentang zakat:

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

“Ambillah zakat dari setengah harta mereka, dengan zakat itulah kamu dapat membersihkan dan menyucikan mereka. Sesungguhnya do’amu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah [9]: 103)

Baca juga: Bolehkah Orang Tak Mampu Tapi Punya Smartphone Terima Zakat? Simak Kriteria Fakir & Miskin Mustahik

Baca juga: KAPAN Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah? Ini Ketentuan, Hukum, dan Niat Zakat Fitrah

Ilustrasi
Ilustrasi (TribunStyle/Kolase)

Zakat terbagi menjadi dua macam yakni zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal merupakan zakat yang dikenakan atas segala jenis harta baik secara zat maupun substansi yang diperoleh dan pastinya tidak bertentangan dengan agama.

Sementara zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan kepada setiap jiwa lelaki maupun perempuan muslim yang dilakukan saat bulan Ramadhan.

Syarat membayar zakat fitrah yaitu hasru beragama islam, hidup pada saat bulan Ramadhan dan memiliki kelebihan kebutuhan pokok untuk malam dan hari raya idul fitri.

Zakat fitrah hanya wajib bagi orang yang menemukan terbenamnya matahari di akhir bulan Ramadhan.

  • Sebagai contoh apabila ada seseorang masuk islam menjelang maghrib di akhir bulan ramadhan, maka dia wajib untuk membayar zakat fitrah (Kalau dia mampu bayar).
  • Apabila masuk islam setelah maghrib di akhir bulan Ramadhan (malam takbiran) maka hukumnya tidak wajib.
  • Contoh lainnya, apabila ada orang meninggal sebelum takbiran/azan maghrib di hari terakhir maka tidak dikenakan zakat fitrah namun bila meninggal saat waktu sholat isya di malam takbiran maka dia akan dikenakan zakat fitrah dan orang tua/walinya yang akan membayarkan zakat fitrah dari orang yang telah berpulang tersebut.
  • Lalu jika ada orang yang melahirkan sebelum maghrib maka dia wajib membayar zakat fitrah dan jika melahirkan sesudah maghrib maka tidak perlu membayar zakat fitrah.
  • Zakat fitrah perlu mendahulukan dua golongan (asnaf) untuk menerima zakat tersebut yakni miskin dan fakir (bukan kepada orang yang berutang).

Zakat fitrah yang harus dibayarkan 1 sha’ = 4 mud (1 tangkupan tangan orang dewasa).

Sebagaimana dikutip dari Tribun Sumsel Apakah Orang yang Meninggal dan Lahir Saat Takbiran Hari Terakhir Puasa Wajib Membayar Zakat Fitrah?, zakat fitrah tidak boleh dibayarkan menggunakan uang namun harus dengan makanan pokok (contoh: beras).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Sumsel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved