Breaking News:

TERUNGKAP Mentor Gajah Mada, Inilah Gayatri Rajapatni, Ibu Suri Majapahit Jenius Setara Cleopatra

Terkuak mentor Maha Patih Gajah Mada, sosok wanita cerdas disejajarkan dengan Cleopatra, inilah Gayatri Rajapatni, ibu suri kerajaan Majapahit.

Kolase Wikipedia - talesoftimesforgotten.com
Gayatri Rajapatni dan Cleopatra. 

TRIBUNSTYLE.COM - Sosok Gayatri Rajapatni memang jarang dibicarakan ketika membahas tentang sejarah Kerajaan Majapahit.

Namun siapa sangka, Gayatri Rajapatni rupanya memiliki peran penting dalam kemajuan Kerajaan Majapahit.

Gayatri Rajapatni adalah nama salah satu istri Raden Wijaya raja pertama Majapahit (1293-1309) yang menurunkan raja-raja selanjutnya.

Senin (2/4/2012), diskusi tentang sosok ibu suri kerajaan Majapahit, Gayatri Rajapatni, yang menghadirkan sejarawan dan diplomat University of British Columbia, Kanada, Prof Paul Drake di kampus Universitas Negeri Malang (UM),, memunculkan tafsir terbaru.

Tafsir terbaru itu adalah bahwa patung indah Prajna Paramita asal Singosari, Malang, sebenarnya bukan perwujudan Ken Dedes seperti selama ini dipahami.

Patung itu jika ditilik gaya artistiknya bisa dibuktikan berasal dari gaya era Majapahit (Majapahit style), dan diyakini sebagai perwujudan Gayatri Rajapatni.

Paul Drake yang mengantarkan bukunya Gayatri Rajapatni, Perempuan di Balik Kejayaan Majpahit (Penerbit Ombak, Yogyakarta, 2012) yang disunting sejarawan Universitas Indonesia Manneke Budiman, bahkan menyejajarkan Gayatri sekaliber dengan Cleopatra.

Baca juga: 7 FAKTA Presiden Soekarno yang Tak Tersorot, Agama, Pendidikan Hingga Sosok Istri-istrinya

Baca juga: KISAH Soeharto Menyamar Nginap di Rumah Penduduk, Buat Wajah Pejabat Pucat & Berkeringat Dingin

Baca juga: Detik-detik Soekarno Sodorkan Diri saat Meriam Mengarah ke Istana, 1 Ucapannya Buat Pendemo Luluh

Bangunan yang merepresentasikan Kerajaan Majapahit di The Legend Star, Jatim Park 3, Kota Batu, Jumat (29/12/2017).
Bangunan yang merepresentasikan Kerajaan Majapahit di The Legend Star, Jatim Park 3, Kota Batu, Jumat (29/12/2017). (Kompas.com/Andi Hartik)

Cleopatra adalah seorang perempuan kuat di Mesir yang bahkan membuat Caesar, kaisar Romawi tunduk.

Gayatri seorang perempuan yang menjadi pemikir dan dalang sejumlah peristiwa, termasuk perekrutan Mahapatih Gajah Mada, bahkan patut diduga ada di balik pembunuhan raja sah Majapahit Jayanegara (1309-1322).

Patut diyakini Gayatri adalah think tank di balik masa paling cemerlang dalam sejarah Nusantara, yakni Majapahit era Tribhuwana Tunggadewi dan Hayam Wuruk yang dibantu Gajah Mada.

Earl Drake melakukan riset sejarah Majapahit menurutnya secara sambil lalu selama sekitar 20 tahun, seraya menjalani tugasnya di Asia sebagai diplomat saat bertugas di Kuala Lumpur dan Jakarta, terutama saat menjadi Duta Besar Kanada di Indonesia.

Earl Drake kelahiran 1928, mengakui terutama ia tertarik karena terpesona oleh wujud fisik (patung) Prajna Paramita yang sensual dengan puting payudaranya itu.

Patung itu pada masa kolonial disimpan di Leiden, Belanda, dari asalnya di Singosari, dan kemudian dikembalikan ke Indonesia lalu kini disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

Setiap kali dibawa berpameran keliling dunia, termasuk di Paris dan Tokyo untuk pameran tema Asia, Prajna Paramita senantiasa menjadi pusat perhatian utama pengunjung pameran berkebangsaan barat.

Halaman
123
Sumber: Intisari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved