Breaking News:

AKHIRNYA Belajar Tatap Muka Dibolehkan Meski Pandemi Merajalela, Kemendikbud: Orangtua Berhak Tolak

Rencana Mendikbud Nadiem Makarim izinkan belajar tatap muka di bulan Januari 2021 ini akhirnya tetap berjalan, tapi orangtua siswa berhak menolak.

Freepik.com
Sekolah tatap muka selama masa pandemi (Ilustrasi) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM, JAKARTA - Rencana Mendikbud Nadiem Makarim izinkan belajar tatap muka di bulan Januari 2021 ini akhirnya tetap berjalan sesuai rencana, meski pandemi Covid-19 masih merajalela di berbagai wilayah. 

Meski demikian, orangtua siswa berhak menolak sekiranya merasa risikonya lebih besar, dan memilih tetap pembelajaran di rumah. 

Pelaksana Tugas (plt) Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im mengatakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka bersifat tidak wajib.

Menurut Ainun, dalam SKB empat menteri menyebutkan keputusan membuka sekolah harus mendapat persetujuan bukan hanya dari pemerintah daerah, tetapi juga dari pihak sekolah dan komite sekolah yang merupakan perwakilan para orang tua murid.

"PTM sifatnya diperbolehkan tidak diwajibkan, sehingga keputusan akhir tetap ada di orang tua," ujar Ainun melalui keterangan tertulis, Senin (4/1/2021).

Orang tua dapat menolak mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Jika orang tua belum nyaman maka siswa dapat melanjutkan proses belajar dari rumah," kata Ainun.

Baca juga: Kebijakan Nadiem Makarim soal Belajar Tatap Muka Dimulai Tahun 2021, Ini Respon Para Kepala Daerah

Baca juga: Siap-siap! Tahun Depan Dibuka Seleksi Pengangkatan Guru Honorer Jadi PPPK, Ini Penjelasan Nadiem

Ilustrasi belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19
Ilustrasi belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19 (GRAFIS TRIBUN PONTIANAK/ENRO)

Penyelenggaraan pembelajaran semester genap yang dimulai pada Januari 2021 tetap mengacu kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Aturan yang diumumkan tanggal 20 November 2020 tersebut juga memuat panduan lengkap pembelajaran tatap muka semester genap tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 mulai dari tahapan perizinan, prosedur yang harus dipenuhi, hingga prasyarat dan protokol kesehatan yang wajib dijalankan.

Pemberian izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, dan/atau kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai kewenangannya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved