Breaking News:

Tokoh Viral Hari Ini

5 Fakta Pengunduran Diri Belva Devara dari Staf Khusus Jokowi, Polemik Kartu Prakerja Jadi Alasan

Meski telah menegaskan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan dalam terpilihnya Ruangguru, Belva Devara memutuskan untuk mundur.

Instagram/@belvadevara
CEO Ruangguru Belva Devara 

TRIBUNSTYLE.COM - Kabar mengejutkan datang dari salah satu anggota Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Adamas Belva Devara.

Pengunduran diri CEO Ruangguru tersebut disampaikan melalui surat kepada Presiden Joko Widodo tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada 17 April 2020.

Belva Devara kemudian menyampaikan hal tersebut melalui surat terbuka di unggahan Instagram-nya, Selasa (21/4/2020).

5 Bulan Menjabat, Belva Devara CEO Ruangguru Mundur dari Staf Khusus Presiden Joko Widodo

"Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020," tulis Belva dalam kolom keterangan unggahan di atas.

Belva mengundurkan diri berkaitan dengan terpilihnya Ruangguru, perusahaan yang didirikan dan dipimpinnya, sebagai mitra program Kartu Prakerja.

Berikut ini 5 fakta pengunduran diri Belva Devara dari Staf Khusus Presiden Jokowi selengkapnya.

1. Polemik Kartu Prakerja jadi alasan

Terlibatnya Ruangguru sebagai mitra pelatihan dalam program Kartu Prakerja menjadi sorotan oleh masyarakat luas.

Meski telah menegaskan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan dalam terpilihnya Ruangguru, Belva memilih mundur demi menghindari polemik.

"Saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin membuat polemik mengenai asumsi atau persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan," Ungkap Belva di Instagram, Selasa (21/4/2020).

"Yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi Covid-19," tambah Belva.

Ruangguru adalah salah satu perusahaan yang menjadi fasilitator pelatihan Kartu Prakerja yang memiliki anggaran Rp 5,6 triliun.

Ada delapan perusahaan yang digandeng pemerintah untuk proyek Kartu Prakerja. Maka, jika dibagi rata, masing-masing perusahaan berpotensi meraup Rp 700 miliar.

Selain itu, harga kursus yang ditawarkan oleh platform tersebut juga dinilai terlalu tinggi.

Gracia Billy Beber Jejak Cemerlang Stafsus Jokowi Demi Bungkam Kata Fadli Zon Mereka Cuma Lisptik

Halaman
123
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved