Hari Peduli Sampah Nasional Diperingati Setiap 21 Februari, Cara Ini Membantu Kurangi Sampah Plastik

Hari ini merupakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, ini tips yang bisa dilakukan untuk berkomitmen mengurangi sampah plastik.

Hari Peduli Sampah Nasional Diperingati Setiap 21 Februari, Cara Ini Membantu Kurangi Sampah Plastik
Kompas.com/Gie Permadi & Tokopedia
Kurangi Sampah Plastik 

TRIBUNSTYLE.COM - Hari ini merupakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, ini tips yang bisa dilakukan untuk berkomitmen mengurangi sampah plastik.

Dilansir dari Greenpeace.org, lima belas tahun lalu, tepatnya 21 Februari 2005, Indonesia berduka atas kematian 157 jiwa disebabkan longsor sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat.

Gunungan sampah dengan panjang 200 meter dan tinggi 60 meter hancur menenggelamkan dua pemukiman, yakni Kampung Cilimus dan Kampung Pojok akibat guyuran hujan deras semalam suntuk dan picuan konsentrasi gas metan dari dalam tumpukan sampah.

Semua kehidupan di kedua pemukiman tersebut hilang seketika oleh genangan sampah meskipun berjarak satu kilometer dari gunung timbunan sampah.

Hari itu kemudian dikenang sebagai tragedi terpahit sepanjang sejarah Indonesia atas permasalahan sampah yang menelan nyawa, harta, dan keluarga.

Adanya insiden tersebut menjadi pemicu untuk dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional.

Kandungan Pasta Gigi yang Punya Dampak Negatif Bagi Kesehatan Tubuh, dari Triclosan hingga Plastik

5 Vitamin & Mineral Terbaik Bantu Tidur Semakin Pulas di Malam Hari, Lihat Khasiatnya Besok Pagi!

Hari Peduli Sampah Nasional dapat dirayakan dengan cara melakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Pada Hari Peduli Sampah Nasional Ini, Greenpeace mengajak masyarakat untuk mereflekaikan tragedi Leuwigajah sekaligus mengingatkan pemerintah dan para produsen sampah.

Berikut ini tips-tips yang bisa dilakukan.

  1. Ambil ponselmu dan buka sosial media sebagai sarana secara konstruktif menuliskan keluh kesahmu dalam menuntut pemerintah agar lekas mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan kantong plastik pada ritel-ritel besar. Jangan lupa gunakan tagar yang berkaitan dengan HPSN.
  2. Ambil selembar kertas kosong, lalu tuliskan ‘surat cinta’ yang ditujukan kepada produsen (korporat) agar lekas memberikan komitmen mereka secara transparan mengenai rencana peta jalan pengurangan sampah.
  3. Kurangi kegiatan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berpotensi menyumbang sampah kepada alam dengan: membawa tumblr untuk minum, menggunakan tempat makan sendiri ketika ingin jajan, membawa tote bag ketika berbelanja.
  4. Ajak temanmu untuk melakukan 3 hal di atas lalu ucapkan dengan senyum ceria “Selamat Hari Peduli Sampah Nasional

Salah satu sampah yang sering menyebabkan masalah karena sulit terurai adalah limbah plastik.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Panggayuh Utomo
Editor: Suli Hanna
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved