Kebakaran Melanda Hutan Amazon, Brasil Kehilangan Hutan Hujan Setara 3 Lapangan Sepak Bola Per Menit

Kebakaran di hutan hujan Amazon telah mencapai jumlah rekor tahun ini, 72.843 kebakaran terdeteksi sejauh ini oleh pusat penelitian luar angkasa, INPE

Kebakaran Melanda Hutan Amazon, Brasil Kehilangan Hutan Hujan Setara 3 Lapangan Sepak Bola Per Menit
CNet/NASA Earth Observatory via Daily Mirror
Kebakaran Amazon dan Lelehnya Glester Okjokull, Bukti Perbuhan Iklim Ekstrem dan Pemanasan Global 

TRIBUNSTYLE.COM - Kebakaran hutan yang berkobar di hutan hujan Amazon telah mencapai jumlah rekor tahun ini, dengan 72.843 kebakaran terdeteksi sejauh ini oleh pusat penelitian luar angkasa Brasil, INPE (Instituto Nacional de Pesquisas Espaciais).

Lonjakan ini menandai kenaikan 83% dibandingkan periode yang sama tahun 2018, agensi mengatakan pada Selasa (20/8/2019), dan merupakan yang tertinggi sejak pencatatan dimulai pada 2013.

Kebakaran hutan telah meningkat di Mato Grosso dan Para, dua negara bagian di mana perbatasan pertanian Brasil telah mendorong ke lembah Amazon dan mendorong deforestasi.

Kebakaran hutan biasa terjadi di musim kemarau, tetapi juga sengaja ditetapkan oleh petani secara ilegal melakukan deforestasi untuk peternakan.

Dilansir dari businessinsider.sg, sejak Kamis, INPE mengatakan gambar satelit menemukan 9.507 kebakaran hutan baru di negara itu, sebagian besar di lembah Amazon, rumah bagi hutan tropis terbesar di dunia yang dianggap penting untuk melawan pemanasan global.

Amazonas (negara bagian Brasil) mengumumkan keadaan darurat di selatan negara bagian itu dan di ibukotanya, Manaus pada (9/8/2019).

Meminum Kopi dan Bubble Tea hingga Berjam-jam Dapat Merusak Gigi, Simak Penjelasan Dokter Gigi

7 Makanan Wajib Dikonsumsi saat Kram Menstruasi & 5 Cara Atasi Sakitnya Menstruasi saat Bekerja

Acre, di perbatasan dengan Peru, telah waspada terhadap lingkungan sejak Jumat karena kebakaran.

Amazon telah dirusak oleh kebakaran hutan buatan manusia selama beberapa minggu terakhir, dan kehilangan setara dengan tiga lapangan sepak bola per menit, menurut data dari satelit Brasil.

Pada Juli 2019, hutan hujan terbesar di dunia kehilangan 519 mil persegi (1.345 kilometer persegi) pohon, membuat rekor baru untuk deforestasi terbanyak yang dialami Amazon dalam satu bulan, The Guardian melaporkan.

National Institute for Space Research (INPE) Brasil melaporkan peningkatan kebakaran hutan 80%, dengan total 72.843 insiden tahun ini, menurut National Geographic.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Anggia Desty
Editor: Amirul Muttaqin
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved