Ternyata Ini Faktor yang Jadi Penentu Hidung Akan Jadi Mancung atau Pesek!

Selama ini para peneliti menduga bahwa evolusi bentuk hidung sebagiannya juga ditentukan oleh kondisi iklim lokal.

Ternyata Ini Faktor yang Jadi Penentu Hidung Akan Jadi Mancung atau Pesek!
MadameNoire
Ryan Reynolds. 

TRIBUNSTYLE.COM - Pernah merasa hidung kamu kurang mancung? Atau bertanya-tanya kenapa sih orag-orang bule hidungnya pada mancung-mancung, sementara orang dari belahan Negara lain hidungnya bulat, kecil, atau besar?

Selama ini para peneliti menduga bahwa evolusi bentuk hidung sebagiannya juga ditentukan oleh kondisi iklim lokal.

Sekelompok peneliti di Pennsylvania State University udah menemukan lebih banyak bukti hubungan antara bentuk hidung yang kita miliki sekarang dengan iklim tempat nenek moyang kita pernah tinggal.

Mau Hidung Sebangir Milik Krisdayanti? Tanpa Oplas, Ini 4 Cara Alami Membuatnya Mancung!

Seperti yang dilansir kompas.com dari NY Times, dalam studi yang diterbitkan PLOS Genetics, peneliti menemukan bahwa luas lubang hidung antara populasi tempat berbeda dan populasi lainnya di seluruh penjuru dunia.

Semakin tinggi temperature dan kelembapan suatu daerah akan semakin besar lubang hidung penduduknya. Ini membuktikan dugaan para peneliti bahwa iklim berperan penting dalam membentuk indra penciuman.

Anggota tubuh yang sering bersentuhan langsung dengan lingkungan sekelili seringkali mengalami seleksi alam dan berevolusi cepat.

Hal ini dijelaskan oleh peneliti post doctoral bidang genetika di Penn State, Arslan Zaidi, sekaligus yang bertindak sebagai penulis hasil penelitian.

Untuk penelitian tersebut, Dr. Zaidi dan semua rekannya mengukur tujuh bentuk hidung, lengkap dengan tinggi hidung, tulang hidung, serta lebar lubang hidung.

Mereka juga meneliti kondisi pigmentasi kulit serta berat badan keseluruhan cowok dan cewek yang jadi responden.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Cecylia Rura Patulak
Sumber: hai-online.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved