Doa Muslim

Doa Agar Terhindar dari Fitnah, 5 Sikap Hadapi Tuduhan yang Tak Benar, Jangan Berlebih-lebihan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi berdoa agar terhindar dari fitnah

Reporter : Triroessita Intan pertiwi

TRIBUNSTYLE.COM - Berikut kumpulan bacaan doa agar terhindar dari fitnah, lengkap dengan 5 sikap hadapi tuduhan yang tidak benar.

Dalam kehidupan bersosial, kita tidak dapat mengatur apa yang orang lain lakukan pada kita, baik tindakan terpuji ataupun tercela.

Meski demikian, kita dapat melakukan hal-hal baik untuk menghadapinya.

Salah satu perbuatan buruk yang mungkit terjadi saat berinteraksi sosial adalah fitnah.

Fitnah adalah perkataan yang keluar dari mulut seseorang namun tidak sesuai dengan kenyataanya, biasanya fitnah berupa membicarakan keburukan orang lain atau menyebarkan aib seseorang yang belum tentu sesuai dengan faktanya.

Tujuan fitnah adalah untuk menimbulkan kegaduhan yang ditujukan kepada orang tertentu sehingga orang tersebut nantinya akan dijauhi oleh lingkunganya.

Selain itu fitnah juga bisa diterapkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, seperti merampas hak dan harta orang lain, menyakiti orang lain, mengusir orang bahkan untuk hal-hal yang berbau musyrik.

Baca juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram Mulai 22 Agustus 2021, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya

Baca juga: Niat dan Tata Cara Sholat Taubat, Lengkap dengan Doa Mengharap Ampunan Allah SWT, Diikuti Istighfar

HOAX salah satu bentuk fitnah (Ilustrasi) (Tech in Asia Indonesia)

Nabi Muhammad SAW sendiri mengajarkan kita untuk berdoa pada Allah SWT agar terlindung dari fitnah.

Berikut 3 doa agar terhindar dari fitnah:

1. "Rabbana la taj’alna fitnatan lil qaumidz dzalimin. Wa najjina birahmatika minal qaumil kafirin".

Artinya: "Ya Tuhan kami. Semoga Engkau tidak menjadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzalim (buruk amal perbuatannya), dan pastinya Engkau pun berkenan menyelamatkan kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang yang kafir (mengingkari dan memusuhi ajaran-ajaran-Mu)."

2. "Allaahumma innii a'uudzubika minfitnatinnaari wa a'dzaabinnaar. Wafitnatilqabri waadzaabil qobri. Allahumma innii a'uuzubika min syarri fitnatilmasiihiddajjaal. Allahummaghsil qolbii bimaaitslji wal barod. Wa naqqiqolbii minal khothooyaa. Kamaa naqqoitatsaubalabyadho minaddanasi. Wa baa 'idbaitanii wa baina khothooyaaya kamaa baa 'adta bainalmasyriqi wal maghribi. Allaahumma innii a'udzubika minal kaisal wal maaktsami wal maghrom".

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dan adzab neraka, fitnah dan adzab kubur, keburukan fitnah, kekayaan dan keburukan fitnah kefakiran. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan fitnah Dajjal.

Halaman
12