Ramadhan 2021

Harta Apa yang Wajib Dibayarkan Zakat Maal-nya? Simak Berikut Penjelasannya!

Editor: Galuh Palupi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi pembayaran zakat online

TRIBUNSTYLE.COM - Selain zakat fitrah, ada zakat lain yang wajib dibayarkan oleh umat Islam dalam kondisi tertentu.

Zakat ini biasa dikenal dengan istilah zakat maal.

Lantas apa itu zakat maal dan bagaimana ketentuan membayarnya?

Berikut penjelasannya.

Ilustrasi (TribunStyle/Kolase)

Pengertian Al-Maal

Al-Maal dalam Al-Fiqhu Al-Islami wa Adillatuhu karya Wahbah Zuhaili didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat mendatangkan ketenangan, dan bisa dikuasai oleh manusia dengan suatu usaha, baik sesuatu itu berupa dzat (materi) maupun berupa manfaat, seperti emas, perak, hewan, tumbuhan atau manfaaat suatu aset, seperti kendaraan, pakaian, dan tempat tinggal.

Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, maal adalah harta benda yang diperoleh seseorang dikutip dari artikel Tribunnews berjudul 'Selain Zakat Fitrah Ada Zakat Maal, Berikut Penjelasan Harta yang Wajib Dizakati'.

Sehingga zakat maal dapat didefinisikan sebagai jenis zakat yang dikeluarkan seseorang atas harta atau penghasilan yang diperolehnya dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

Baca juga: Kewajiban Umat Muslim untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah, Ini Niat untuk Diri Sendiri, Anak, dan Istri

Dalil diwajibkannya zakat mal terdapat dalam Al-Qur’an, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka” (QS Al-Taubah: 103)

Syarat dan ketentuan dalam masing-masing jenis zakat maal berbeda mengingat betapa luasnya pengertian harta benda itu sendiri.

Halaman
123