Breaking News:

Berita Viral

Sekali Terima Telepon, Wanita Ini Kehilangan Lebih dari Rp600 Juta, Waspada Penipuan Semakin Canggih

Nasib nahas menimpa wanita di Vietnam, niat hati terima telepon, dia justru kehilangan Rp 600 juta di rekeningnya, begini kronologinya.

Saostar.vn
Seorang wanita tertipu Rp 600 juta saat mendapatkan sebuah panggilan telepon. Foto: Ilustrasi. 

TRIBUNSTYLE.COM - Perkembangan dunia digital tak hanya memberikan banyak kemudahan, tetapi juga memberi peluang terhadap aksi kejahatan seperti penipuan.

Salah satunya yang marak misalnya penipuan online dalam transaksi keuangan.

Seperti yang terjadi di Thanh Khe, kota Da Nang, Vietnam.

Pada 5 Agustus 2022 lalu, polisi distrik Thanh Khe Tay mengatakan bahwa mereka baru saja menerima laporan dari orang-orang tentang penipuan online selama lebih dari 1 miliar VND.

Baca juga: Berkedok Give Away, Korban Penipuan atas nama Baim Wong Bermunculan, Suami Paula Tanggung Jawab

Ilustrasi penipuan
Ilustrasi penipuan (Facebook)

Dilansir dari Vietnamnet, pada sore hari pada, 4 Agustus 2022, Ms. T yang tinggal di bangsal Thanh Khe Tay menerima telepon dari nomor 02471098935 yang memberi tahu dia dia terlibat dalam kecelakaan lalu lintas di persimpangan jalan Dien Bien Phu ke Nguyen Tri Phuong.

Ketika Ms. T. menjawab dia tidak tahu apa-apa tentang kejadian di atas, dia diberitahu informasi pribadinya telah terungkap, jadi dia akan dipindahkan ke Polisi Kota Da Nang untuk meminta bantuan.

Tak selang beberapa lama, seseorang yang mengaku sebagai petugas Polisi Kota Da Nang menelepon untuk memberi tahu Ms. T. tentang keterlibatannya dalam kasus perdagangan narkoba ilegal.

Kemudian Ms. T diperintahkan untuk mengunduh perangkat lunak "aplikasi keamanan" dan kemudian diminta mengisi data diri.

Ms. T. mengikuti instruksi dan mengisi informasi pribadi dan rekening banknya di perangkat lunak yang diunduhnya tersebut.

Kemudian, pukul 17:17 hingga 20:20 pada waktu setempat, rekening bank Ms. T. dipotong 7 kali dengan jumlah total VND 1.042.002.000 atau sekitar Rp 600 juta.

Informasi di VTC News, saat ini, kasus tersebut telah dipindahkan oleh Polisi lingkungan Thanh Khe Tay ke Polisi distrik Thanh Khe, terus menyelidiki.

Pihak berwenang mengatakan ini adalah bentuk penipuan yang sangat canggih, meninggalkan sedikit jejak karena penjahat menggunakan teknologi tinggi.

Jenis kejahatan ini mengincar orang-orang yang mudah tertipu dan belum paham hukum.

Polisi menyarankan orang-orang untuk sangat waspada terhadap penipuan phishing seperti ini.

Halaman
1234
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved