Breaking News:

Niat Puasa Ayyamul Bidh, Boleh Dibaca Siang Hari Ini, Kemuliaan Setara Puasa Sepanjang Tahun

Pada bulan Syawal 1443 H, pausa Ayyamul Bidh dimulai pada hari ini, Sabtu, 14 Mei 2022.

Instagram/sunnah.linnisa
Puasa Ayyamul Bidh. 

TRIBUNSTYLE.COM - Puasa Ayyamul Bidh selalu dilakukan pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Hijriah.

Pada bulan Syawal 1443 H, pausa Ayyamul Bidh dimulai pada hari ini, Sabtu, 14 Mei 2022.

Umat Islam yang lupa atau tiba-tiba ingin mengamalkannya, boleh membaca Niat Puasa Ayyamul Bidh di waktu pagi atau siang hari.

Membaca niat puasa sunnah siang hari, diperbolehkan selama sebelumnya tidak melakukan hal-hal yang dapt membatalkan puasa.

Seperti makam, minum, merokok, berhubungan badan atau mengeluarkan air mani dengan sengaja, serta hal-hal yang membatalkan puasa lainnya.

“Dari Aisyah, ummul mukminin RA, ia bercerita, ‘Suatu hari Nabi Muhammad SAW menemuiku. Ia berkata, ‘Apakah kamu memiliki sesuatu (yang dapat kumakan)?’ Kami jawab, ‘Tidak.’ ‘Kalau begitu aku puasa saja,’ kata Nabi. Tetapi pada hari lain, Rasul pernah menemui kami. Kami katakan kepadanya, ‘Ya rasul, kami memiliki hais, makanan terbuat dari kurma dan tepung, yang dihadiahkan oleh orang.’ ‘Perlihatkan kepadaku meski aku sejak pagi berpuasa,’ kata Nabi. Ia lalu memakannya,’” (HR Muslim).

Dijelaskan dalam hadist awalnya Nabi Muhammad SAW tidak berniat puasa, namun karena tidak tidak tersedia makanan, maka Nabi Muhammad memilih berpuasa.

Niat Puasa Ayyamul Bidh Pagi/Siang Hari

َنَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ

“Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’ala”

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh

Ustadz Abdul Somad (UAS) melalui tayangan Youtube Ilmu Berguna, menjelaskan bahwa Ayyamul Bidh berasal dari kata "Ayyam" artinya hari dan "Bidh" artinya putih.

"Kenapa disebut hari putih, karena saat itu bulan sedang terang benderang menyinari bumi yang hitam, seolah-olah dia menjadi putih karena putihnya cahaya terang benderang," terang Ustadz Abdul Somad.

Halaman
1234
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved