Breaking News:

Pelajaran Sekolah

10 Alat Rumah Tangga dengan Energi Listrik dan Fungsinya, Microwave Tak Mengganggu Nutrisi Makanan

Inilah 10 alat rumah tangga yang menggunakan energi listri, miliki fungsi masing-masing, microwave tak ganggu nutrisi makanan.

Freepik
Dapur dengan sejumlah alat menggunakan energi listrik 

TRIBUNSTYLE.COM - Inilah 10 alat rumah tangga yang menggunakan energi listri, miliki fungsi masing-masing, microwave tak ganggu nutrisi makanan.

Energi listrik adalah energi yang paling dibutuhkan oleh manusia modern.

Penerangan, penggunaan ponsel pintar, perangkat komputer, dan juga transportasi, semuanya menggunakan energi listrik untuk bisa beroperasi.

Dilansir dari Thought Co, energi listrik adalah suatu bentuk energi yang dihasilkan dari aliran listrik. Energi listrik dapat berupa energi potensial karena perbedaan tegangan pada benda bermuatan. Manusia menggunakan energi listrik dalam jumlah besar.

Berdasarkan situs Universitat Leipzig, dengan populasi dunia sekitar 7,7 miliar jiwa, manusia mengonsumsi energi listrik rata-rata 58 kWh perhari untuk setiap orangnya.

Baca juga: TIPS Rahasia AC Awet, Tagihan Listrik Rendah Meski Sering Dipakai, Hindari Suhu Terlalu Dingin

Baca juga: Energi Potensial - Definisi, Jenis, dan Rumus Fisika: Gravitasi, Listrik dan Pegas

Energi listrik tersebut digunakan untuk perkantoran, industri, juga menyalakan alat rumah. Berikut adalah 10 jenis alat rumah yang menggunakan energi listrik:

  • Kulkas

Kulkas merupakan alat rumah tangga yang berfungsi mendinginkan makanan dan minuman agar tidak cepat basi.

Kulkas menggunakan energi listrik dengan menyalakan pompa listrik berupa kompresor gas. Kulkas menggunakan gas yang mengalir diseluruh bagian kulkas sebagai pendingin.

Dilansir dari Explain That Stuff, gas menyerap panas dari dalam makanan kemudian kompresor memompa gas memberikannya tekanan tinggi.

Gas kemudian mengalir di bagian belakang kulkas dan melepaskan panas dan kembali masuk ke dalam kulkas untuk mengambil panas serta menjaga makanan tetap dingin.

  • Kipas angin
Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved