Breaking News:

Trending Hari Ini

Google Bakal Tutup 5 HP Versi Android Lawas Ini, Bakal 'Mati' Mulai September 2021 Mendatang

Google secara bertahap akan membuat seri-seri ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas 'mati' dan mengurangi fungsinya.

Editor: Dhimas Yanuar
cnet.com
Google secara bertahap akan membuat seri-seri ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas 'mati' dan mengurangi fungsinya. 

TRIBUNSTYLE.COM - Google secara bertahap akan membuat seri-seri ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas 'mati' dan mengurangi fungsinya.

Melalui email yang dikirim oleh perusahaan kepada pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Android lawas disebutkan bahwa langkah tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2021 mendatang.

Dilansir dari 91Mobiles, tercatat setidaknya ada 5 HP Android yang nantinya tidak akan bisa melakukan aktivitas smartphone seperti pada umumnya.

Baca juga: REKOMENDASI 4 Aplikasi Android Gratis Edit Foto Aesthetic, Ala-ala Polaroid, hingga Glitch VHS

Baca juga: Google Play Store Akan Tambahkan Bagian Keamanan dan Label Privasi, Pengguna Dijamin Aman!

Google Play Store
Google Play Store (androidcentral.com)

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di ponsel ini (Android jadul), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru," ungkap Google dalam pernyataan tertulisnya.

Secara detail, disebutkan bahwa pengartian 'mati' pada HP Android lawas ini adalah terblokirnya akses ke sejumlah aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Artinya, orang-orang yang masih memaksakan untuk menggunakan ponsel dengan OS jadul sudah tidak akan bisa menjalankan aplikasi seperti Gmail, YouTube, Gmaps, Play Store, dan lainnya.

Tujuan Google

Kendati terkesan memaksa orang-orang untuk mengganti ponsel ke versi terbaru.

Namun Google berdalih bahwa apa yang dilakukannya ini memiliki tujuan keamanan konsumen.

Pihak perusahaan mengaku kalau penghentian aplikasi di Android lawas akan meningkatkan keamanan pengguna dari kejahatan siber.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved