Breaking News:

Pelajaran Sekolah

Fakta Death Valley, Tempat Terpanas di Bumi, Suhu Capai 57 Derajat Celcius hingga 'Batu Bergerak'

Rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat di Death Valley terjadi di Furnace Creek pada 10 Juli 1913. Suhunya mencapai 57 derajat celcius.

earth.org
Death Valley, tempat terpanas di dunia, berada di California, Amerika Serikat 

TRIBUNSTYLE.COM - Death Valley memecahkan rekor dunia sebagai tempat terpanas di bumi. Death Valley terletak di Inyo, California, Amerika Serikat, tepatnya di Amerika Utara. 

Rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat di Death Valley terjadi di Furnace Creek pada 10 Juli 1913. Suhunya mencapai 134º Fahrenheit atau sekitar 57º Celcius.

Saat gelombang panas terjadi di kawasan ini, suhunya bisa mencapai 130º Fahrenheit atau 54,4º Celcius, menjadikan Death Valley sebagai tempat terpanas di bumi.

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), Death Valley merupakan kawasan berbentuk lembah yang memiliki panjang sekitar 225 kilometer dan lebarnya bervariasi, mulai dari 8 hingga 24 kilometer. Death Valley merupakan tempat terendah, terpanas dan terkering di Amerika Utara.

Baca juga: Di balik Pesona Kecantikannya Menyimpan Bahaya, Apakah Fenomena Aurora Mengancam Hidup Manusia?

Baca juga: 4 Negara ASEAN dengan Bentuk Pemerintahan Kerajaan, Brunei Darussalam hingga Malaysia

Sebagai tempat terpanas di bumi, ada banyak fakta unik yang bisa digali dari Death Valley. Apa sajakah fakta uniknya?

Terlalu panas

Dilansir dari situs U.S. Department of the Interior, suhu di Death Valley sangatlah panas. Bahkan Juli 2018, menjadi bulan terpanas di kawasan ini. Suhu rata-rata hariannya mencapai 108,1º Fahrenheit atau sekitar 42º Celcius.

Sedangkan pada siang hari suhu tertingginya mencapai 127º Fahrenheit atau 52º Celcius selama empat hari berturut-turut. Kondisi yang terlalu panas ini bisa menyebakan manusia mengalami dehidrasi dan dapat merusak kendaraan bermotor yang melalui kawasan lembah ini.

Melansir dari U.S. National Park Service, Death Valley berbentuk cekungan panjang dan sempit. Kawasan ini juga dikelilingi pegunungan tinggi serta curam. Ketika matahari bersinar terik, panasnya akan memancar dan terjebak di kawasan lembah ini.

Hal ini ditambah dengan udara kering dan minimnya tanaman, sehingga hawa dan suhu Death Valley menjadi sangat panas serta cenderung kering.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved