Breaking News:

Rayakan Waisak saat Pandemi, Kemenag Keluarkan Surat Edaran Panduan Puja Bhakti dan Dharmasanti

Inilah isi surat edaran panduan Puja Bhakti dan Dharmasanti Waisak saat pandemi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama.

TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Ilustrasi. Umat Buddha melakukan ritual sembahyang pada hari raya waisak 2563 TB di Vihara Darmakirti, Palembang, Minggu (19/5/2019) lalu. 

TRIBUNSTYLE.COM - Simak surat edaran yang dikeluarkan Kemenag tentang panduan Puja Bhakti dan Dharmasanti Waisak tahun 2021.

Tahun ini, Puja Bhakti dan Dharmasanti Waisak jatuh pada tanggal 26 Mei 2021.

Dikutip dari kemenag.go.id, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan perayaan Waisak dalam suasana pandemi Covid-19.

Panduan ini diterbitkan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di saat pandemi seperti ini.

Ketua Sangha Dhammaduta Indonesia, Bhikkhu Tejavaro Thera beribadah di Wihara Hemadhiro Mettavati, Jakarta Barat, Selasa (25/5/2021). Sejumlah wihara mulai dipercantik dan dihias untuk memberi kenyamanan bagi umat Buddha yang akan bersembahyang saat perayaan hari raya Waisak pada 26 Mei 2021. Tribunnews/Herudin
Ketua Sangha Dhammaduta Indonesia, Bhikkhu Tejavaro Thera beribadah di Wihara Hemadhiro Mettavati, Jakarta Barat, Selasa (25/5/2021). Sejumlah wihara mulai dipercantik dan dihias untuk memberi kenyamanan bagi umat Buddha yang akan bersembahyang saat perayaan hari raya Waisak pada 26 Mei 2021. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh umat beragama.

Panduan ini tertuang dalam Surat Edaran No SE 11 tahun 2021 tentang Puja Bhakti/Sembahyang & Dharmasanti Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis Saat Pandemi Covid.

"Panduan diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Buddha dalam penyelenggaraan Puja Bhakti/Sembahyang dan Dharmasanti Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis/2021," tegas Gus Menag di Jakarta, Jumat (21/5/2021).

"Saya minta kepada seluruh jajaran Kemenag untuk mensosialisasikan edaran ini secara masif, terutama kepada pengurus Organisasi/Majelis Agama Buddha, anggota sangha, pengelola rumah ibadah, dan umat Buddha agar dilaksanakan sebagaimana mestinya," lanjutnya.

Sebagaimana TribunStyle.com kutip dari Tribunnews.com, Kemenag Terbitkan Surat Edaran Panduan Puja Bhakti dan Dharmasanti Waisak saat Pandemi, Simak Isinya. Berikut ketentuan panduan penyelenggaraan Puja Bhakti dan Dharmasanti Waisak saat Pandemi:

1. Kegiatan sosial seperti Karya Bakti di Taman Makam Pahlawan dan Bakti Sosial menyambut Hari RayaTri Suci Waisak dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Nafis Abdulhakim
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved