Breaking News:

Doa Muslim

Obati Rasa Sedih, Amalkan 5 Doa Penenang Hati Berikut Ini, Dikuatkan Pundak, Diikhlaskan Jiwa

Berikut kumpulan doa agar hati kita tetap tenang dan tidak galau ataupun sedih. Selalu berprasangka baik pada takdir Allah.

Patheos
Ilustrasi berdoa di saat sedih 

TRIBUNSTYLE.COM - Berikut doa agar hati kita tetap tenang dan tidak galau ataupun sedih. Selalu berprasangka baik pada  takdir Allah.

Perasaan sedih dan galau biasanya akan muncul saat kita sedang kecewa atau patah hati.

Jika tidak segera ditangani, maka kesedihan akan membuat kita merasa putus asa.

Bahkan pada kondisi tertentu kita bisa merasa depresi hingga trauma.

Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk selalu berbaik sangka dan memohon untuk ditunjukkan takdir terbaik oleh Allah SWT.

Agar tak terus-terusan merasa patah hati, ada baiknya kita juga berusaha mendekatkan diri dan menerima segala takdir yang sudah ditentukan.

Terkadang kita lupa bahwa apa yang terjadi pada kita adalah hal terbaik menurut Allah.

Ilustrasi sedang sedih dan galau
Ilustrasi sedang sedih dan galau (cewekbanget.id)

QS. Al Baqarah:216

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

" ... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,"

Kita harus percaya apapun yang terjadi pada kita adalah sesuai dengan kesanggupan kita.

QS. Al Baqarah:286

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa (bincangsyariah.com)

Baca juga: Sholat Sunnah Tahajud - Bacaan Niat, Tata Cara, dan Keutamaan, Doa Diijabah Sepertiga Malam

Baca juga: Doa Buka Puasa Senin Kamis Tulisan Latin, Arab & Artinya, Jangan Lewaktkan Keutamaan Ibadah Puasa

Baca juga: 10 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan, Setiap Hari Memakan Rezeki Allah, Tapi Lupa Mensyukuri Nikmat-Nya

Halaman
123
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved