Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona, Kendalikan Kecemasan dan Sibukkan Diri

Pandemi virus corona tentu akan menimbulkan kecemasan dan stres karena penyebarannya yang semakin meluas. Simak cara agar tetap tenang.

Shutterstock
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

TRIBUNSTYLE.COM - Pandemi virus corona tentu akan menimbulkan kecemasan dan stres karena penyebarannya yang semakin meluas.

Tak hanya itu, peningkatan jarak sosial atau social distancing dan rekomendasi untuk isolasi diri mungkin akan memengaruhi kesehatan mental.

Beberapa negara termasuk Indonesia sudah menerapkan kebijakan social distancing untuk menekan laju penyebaran virus corona.

“Kita adalah makhluk sosial. Kita suka terhubung dan bersentuhan, serta dekat dengan orang-orang, dan kami harus mengubah perilaku, yang dapat menciptakan perasaan terisolasi,” kata Patricia Thornton, PhD, seorang psikolog berlisensi di New York City, seperti dilansir oleh Kompas.com.

Meskipun harus menjalani masa isolasi dan social distancing sehingga kehidupan terasa tidak seperti biasanya, ada cara untuk memanfaatkan waktu dalam perspektif dan belajar bagaimana melanjutkannya.

Di Tengah Wabah Corona, Cemas & Stres Bisa Akibatkan Kekebalan Tubuh Lemah, Ini Cara Pencegahannya

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Kecemasan di Tengah Mewabahnya Virus Corona

“Berfokus pada kesiapsiagaan, tetap tenang, menyempatkan diri memeriksa kesejahteraan orang lain, serta melakukan perawatan diri akan membantu kita melalui momen yang menantang dalam sejarah ini," ujar Deborah Serani, PsyD, psikolog dan penulis Sometimes When I’m Sad.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona.

  • Kendalikan kecemasan
Ilustrasi cemas.
Ilustrasi cemas. (anxiety.jeanhailes.org.au)

Banyak orang yang merasa cemas, bahkan orang tanpa gangguan kecemasan pun merasa cemas.

Dikutip dari kompas.com, Psikolog Patricia Thornton menggambarkan kecemasan sebagai kekhawatiran yang diantisipasi tentang sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan.

Ia mengatakan bahwa dunia kita merasakan pukulan telak kecemasan karena virus corona.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Anggie Irfansyah
Editor: Suli Hanna
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved