Virus Corona

Termasuk Malaysia, 8 Negara Ini Sudah Tetapkan Lockdown Hadapi Virus Corona, Indonesia Kapan?

Termasuk Malaysia dan Italia, berikut daftar negara lakukan kebijakan lockdown demi pencegahana penyebaran Covid-19.

AFP/Goh Chai Hin
Malaysia lockdown 

TRIBUNSTYLE.COM - Persebaran virus corona baru atau 2019-CoV sudah menginfeksi lebih dari 150 negara di dunia.

Sementara lebih dari 180 kasus positif virus corona teridentifikasi sejak kasus pertama akhir Desember 2019 di Wuhan, China.

Pesatnya persebaran virus jenis baru ini akhirnya membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu (11/3/2020) menetapkannya menjadi sebuah pandemi.

Berbagai negara pun memiliki kebijakan berbeda-beda untuk menekan dan menyelesaikan bencana wabah penyakit ini. Ada yang mendeklarasikan status darurat, ada juga yang memberlakukan lockdown.

Lockdown yang dalam bahasa indonesia berarti dikunci, kurang lebih memiliki makna yang sama dalam implementasinya.

Masyarakat yang tinggal di suatu wilayah atau negara yang telah dinyatakan lockdown, mereka terkunci di dalam wilayah itu selama status diberlakukan.

Terkunci, artinya mereka tidak bisa keluar dari wilayah tempat mereka berada, kecuali dengan izin khusus. Namun, selama tidak bisa pergi keluar kota atau negara, pemerintah menjamin keterpenuhan kebutuhan sehari-harinya mereka.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni.

"Lockdown itu tak boleh keluar, kemudian disarankan aktivitas di rumah. Tapi itu wilayahnya lebih luas, kota, tempat-tempat bisnis. Pembatasan aktivitas luar," kata Busroni, Minggu (15/3/2020) sebagaimana dikutip dari artikel Kompas.com (15/3/2020).

"Lockdown itu seperti di Wuhan, satu kota enggak bisa ngapa-ngapin dan di rumah. Di-support pemerintah makanan dan segala kebutuhan. Enggak boleh keluar, kalau keluar ada aparat yang menjaga. Itu totally lockdown,” tambah dia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Triroessita Intan Pertiwi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved