Spesifikasi Gadget

Ini Perbedaan Kamera 108 MP Samsung Galaxy S20 Ultra vs Xiaomi Mi Note 10 Pro, Menang Mana?

Ini Perbedaan Kamera 108 MP Samsung Galaxy S20 Ultra vs Xiaomi Mi Note 10 Pro, Menang Mana?

Ini Perbedaan Kamera 108 MP Samsung Galaxy S20 Ultra vs Xiaomi Mi Note 10 Pro, Menang Mana?
Reuters
Samsung Galaxy S20, S20+ S20 Ultra 

TRIBUNSTYLE.COM - Samsung Galaxy S20 Ultra dan Xiaomi Mi Note 10 Pro sama-sama memiliki kamera dengan sensor beresolusi sangat tinggi, mencapai 108 megapiksel.

Meski angkanya sama, sensor kamera milik masing-masing smartphone anyar ini sebenarnya berbeda.

Galaxy S20 Ultra mengandalkan sensor gambar ISOCELL Bright HM1 buatan Samsung, sementara Mi Note 10 Pro memiliki sensor ISOCELL Bright HMX yang juga dibuat oleh Samsung.

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, sensor kamera yang digunakan di Galaxy S20 Ultra disebut lebih mutakhir ketimbang Mi Note 10 Pro karena mengusung teknologi penggabungan piksel (pixelbinning) yang lebih canggih.

"Teknologi pixel binning Mi Note 10 Pro itu Tetracell, empat piksel kecil (2x2) bisa digabungkan menjadi satu piksel yang lebih besar," ujar Lucky kepada KompasTekno, Jumat (14/2/2020).

Daftar Harga Handphone Terbaru Samsung Februari 2020, sari Galaxy S10 Lite hingga Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S10 Lite Mulai Dijual di Indonesia 21 Februari, Simak dan Harganya

Galaxy S20 Ultra dalam genggaman.
Galaxy S20 Ultra dalam genggaman. (KOMPAS.com/Bill Clinten)

"Sedangkan Galaxy S20 Ultra pakai teknologi pixel binning lebih baru, namanya Nonacell atau Nona Binning, yang mampu menggabungkan sembilan piksel (3x3) menjadi satu piksel besar," imbuhnya.

Dalam hal ini, Galaxy S20 Ultra memiliki ukuran piksel efektif yang lebih besar, mencapai 2,4 mikron dari penggabungan tiap 9 piksel berukuran 0,8 mikron, dibanding Mi Note 10 Pro yang ukuran piksel efektifnya 1,6 mikron dari penggabungan tiap 4 piksel berukuran 0,8 mikron.

Secara teori, semakin besar ukuran piksel, semakin banyak pula informasi cahaya yang bisa ditangkap sehingga kualitas akhir foto akan semakin bagus, terutama dalam kondisi tertentu seperti keadaan minim cahaya.

"Jadi, untuk kemampuan low light, (ukuran) piksel yg lebih besar ini akan lebih baik," imbuhLucky Selain teknologi pixel binning, ada fitur kamera lainnya yang membedakan mode penjepretan 108 megapiksel di ponsel Samsung dan Xiaomi.

Mode 108 megapiksel di Galaxy S20 Pro, disebut Lucky, sudah dibekali dengan fitur real-time HDR, sementara fitur tersebut absen di mode penjepretan yang sama di Mi Note 10 Pro.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Dhimas Yanuar
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved