Virus Corona

Kenapa Virus Corona Bisa Mewabah Begitu Cepat? Diduga Karena Ada Penyebar Super Virus, Ini Faktanya

Update virus corona - Kenapa virus corona mewabah begitu cepat? Diduga salah satunya karena ada penyebar virus super, ini faktanya.

Kenapa Virus Corona Bisa Mewabah Begitu Cepat? Diduga Karena Ada Penyebar Super Virus, Ini Faktanya
Anthony WALLACE / AFP
Seorang anak mengenakan masker mengendarai skuternya melewati seorang polisi (kanan) yang mengenakan alat pelindung di luar Rumah Hong Mei di Cheung Hong Estate, Hong Kong (11/2/2020), setelah evakuasi lebih dari 100 orang dari perumahan dan empat warga di dua apartemen berbeda dinyatakan positif terkena virus corona. 

TRIBUNSTYLE.COM - Update virus corona - Kenapa virus corona mewabah begitu cepat? Diduga salah satunya karena ada penyebar virus super, ini faktanya.

Sebuah laporan mengenai 138 pasien virus corona di Wuhan yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA mengungkapkan adanya penyebar super.

Penyebar super tersebut menginfeksi 4 orang pasien dan setidaknya 10 petugas medis yang bertugas di rumah sakit Zhongnan, Wuhan.

Selain kasus ini, seorang pengusaha asal Inggris juga barus saja diidentifikasikan sebagai seorang penyebar super.

Dia terinfeksi virus corona ketika menghadiri sebuah konferensi di Singapura. Setelahnya, dia pergi ke berlibur ke sebuah resort ski di Perancis bersama keluarganya.

Secara total, dia menginfeksi 10 orang Inggris yang berlibur di resort ski itu.

Setelah Virus Corona, Wabah Virus Misterius Baru Muncul, 100 Terinfeksi, 15 Tewas dalam Waktu 48 Jam

UPDATE Virus Corona, Banyak Pejabat Tinggi di China Dipecat Karena Kematian Capai 100 Jiwa per Hari

Lima orang didiagnosis terinfeksi virus corona Wuhan ketika kembali ke Inggris, satu orang masuk rumah sakit setelah kembali ke rumahnya di Spanyol, sementara empat orang lainnya didiagnosis positif corona di Perancis.

Para ahli menduga bahwa penyebar super dari Inggris ini terinfeksi oleh penyebar super dari Wuhan, China yang menghadiri konferensi di Singapura.

Pasalnya, selain pria Inggris tersebut, sejumlah delegasi lainnya yang hadir di konferensi juga jatuh sakit setelah kembali ke negaranya masing-masing.

Anggota staf medis membawa seorang pasien ke rumah sakit Jinyintan, di mana pasien yang terinfeksi oleh virus mirip SARS (virus corona) sedang dirawat, di Wuhan, Hubei, China (18/1/2020). (STR-AFP)
Anggota staf medis membawa seorang pasien ke rumah sakit Jinyintan, di mana pasien yang terinfeksi oleh virus mirip SARS (virus corona) sedang dirawat, di Wuhan, Hubei, China (18/1/2020). (STR-AFP) (STR-AFP)

Apa itu penyebar super (super spreader)?

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Dhimas Yanuar
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved