Breaking News:

Viral Hari Ini

Puncak Jaya Wijaya Meleleh Dalam Waktu Dekat, 9 Kerugian Manusia & Lingkungan Jika Gletser Hilang

Berita viral hari ini - Puncak Jaya Wijaya di Papua disebut bakal meleleh dalam waktu dekat. Ini 9 kerugian untuk manusia jika gletser dunia meleleh.

Twisata
Berita viral hari ini - Puncak Jaya Wijaya di Papua disebut bakal meleleh dalam waktu dekat. Ini 9 kerugian untuk manusia jika gletser dunia meleleh. 

TRIBUNSTYLE.COMBerita viral hari ini. Puncak Jaya Wijaya di Papua disebut bakal meleleh dalam waktu dekat. Ini 9 kerugian untuk manusia jika gletser dunia meleleh.

Gletser merupakan sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu geologi.

Hingga saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi.

Hanya saja, karena berbagai masalah alam, gletser terakhir yang tersisa di dunia ada di deretan pegunungan tinggi antara Andes dan Himalaya.

Menurut sebuah studi, gletser ini diperkirakan akan hilang meleleh dalam rentan waktu kurang dari satu dekade.

Ini 4 Fenomena Langit Bulan Desember 2019, dari Hujan Meteor hingga Gerhana Matahari Cincin

Musim Hujan Segera Tiba, Ingat Kembali 9 Ciri-ciri Gejala dan Bahaya Tapal Kuda Demam Berdarah Anak

Mengutip dari laman The Independent, seorang ilmuwan peneliti senior di Byrd Polar and Climate Research Centre Ohio State University, mengatakan, gletser di Papua (Indonesia) adalah "kenari di tengah batu bara."

"Gletser ini akan menjadi yang pertama menghilang. Setelah itu, gletser di puncak gunung lainnya pun akan mengikuti," kata Profesor Thompson.

Gletser Papua yang terletak di dekat Puncak Jaya, di bagian barat pulau Papua Nugini ini, telah mencair selama beberapa tahun.

Akan tetapi, pencairan ini terus meningkat dengan cepat setelah terjadi El Nino yang kuat pada tahun 2015 hingga 2016.

Fenomena iklim ini menyebabkan air laut dan suhu atmosfer menghangat. El Nino merupakan fenomena alam, tetapi efeknya diperkuat dengan pemanasan global yang berlangsung.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Dhimas Yanuar Nur Rochmat
Editor: Amirul Muttaqin
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved