3 Amalan Keliru yang Sering Dilakukan Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H

Berikut 3 amalan keliru yang sering dilakukan untuk menyambut 1 Muharram 1441 H.

3 Amalan Keliru yang Sering Dilakukan Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H
Grid.ID
Muharram 

TRIBUNSTYLE.COM - Tepat pada Minggu (1/9/2019), seluruh umat Islam di dunia menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, berikut 3 amalan keliru yang sering dilakukan untuk menyambut 1 Muharram 1441 H.

Bulan Muharram menjadi salah satu bulan suci bagi umat Islam, selain bulan Ramadhan, tapi ada beberapa amalan keliru yang sering dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Islam.

Keistimewaan tanggal 1 Muharram adalah berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.

1 Muharram 1441 H Jatuh Pada 1 September 2019, Lakukan Deretan Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW menyebut bulan Muharram menjadi bulan yang istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah.

Allah SWT menjelaskan dalam Al-Qur'an, bahwa telah menjadikan bulan Muharram sebagai salah satu dari empat bulan yang disucikan.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. At-Taubah: 36)

Sayangnya, ada beberapa anjuran amalan salah kaprah dan keliru dalam menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

Apa saja amalan keliru tersebut?

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Archieva Nuzulia Prisyta Devi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved