Pelajaran Sekolah

Makin Parah, Simak Bahaya Polusi Suara Bagi Manusia dan Hewan, Picu Penyakit Jantung

Polusi suara simpan bahaya tersendiri untuk manusia dan hewan.

TRIBUNSTYLE.COM - Polusi suara adalah polusi yang tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata namun tetap menimbulkan kerugian.

Polusi suara dapat disimpulkan sebagai kebisingan yang dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan bagi manusia.

Semua suara ataupun bunyi diukur dalam satuan dB (desible).

Suara napas manusia sebesar 10 dB, suara gemerisik daun sebesar 20 dB, suara percakapan manusia 60 dB.

Lebih bising lagi, ada suara mesin mobil dan mesin truk sekitar 70 dB hingga 80 dB, sedangkan suara mesin pesawat jet dapat mencapai 130 dB, dan perangkat sonar angkatan laut bahkan bisa mencapai 235 dB.

Ilustrasi skala desible, bahaya polusi suara bagi manusia dan hewan (KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI)

Baca juga: Wajib Diwaspadai Deretean Hewan Penghasil Listrik, Ikan Hidung Gajah hingga Lumba-lumba Guyana

Baca juga: Contoh Hewan Ovovivipar, Bertelur Kemudian Menetas dan Keluar dari Tubuh, Hiu hingga Kuda Laut

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, batas aman dari kebisingan adalah 85 dB, di atas itu dapat mengakibatkan gangguan pendengaran.

Jika seseorang terpapar kebisingan di atas 85dB dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman seperti kecemasan, gangguan tidur, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari National Geographic, seseorang yang berada di jalan yang bising, bandara, ataupun pusat keramaian biasanya terpapar polusi suara dalam janga waktu yang sangat panjang sehingga menyebabkan stress.

Stress akibat polusi suara dapat berupa gangguan kognitif dan memori, konsentrasi yang rendah, dan masalah kesehatan mental.

Inilah alasan mengapa di jalanan yang macet, pengendara kendaraan bermotor lebih mudah stress dan marah karena kebisingin yang ditimbulkan dari banyak mesin mobil dan motor.

Halaman
12