Cara Cek Bansos Tunai dan PKH di cekbansos.kemensos.go.id, Penambahan Alokasi Mei hingga Juni 2021

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi BLT. Cek penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu, akses cekbansos.kemensos.go.id.

TRIBUNSTYLE.COM - Simak cara cek daftar penerima bantuan sosial tunai dan PKH periode Mei hingga Juni 2021.

Pihak pemerintah masih menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST) maupun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). 

Dikutip dari Siaran Pers Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, BST yang harusnya berakhir April 2021, terdapat penambahan alokasi penyaluran 2 (dua) bulan yaitu Mei-Juni.

Dana bantuan yang disalurkan setiap bulannya adalah senilai Rp 300 ribu perbulan.

Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini tengah menyiapkan proses penyaluran bantuan dan akan segera disosialisasikan kepada KPM untuk pemanfaatannya.

Muhadjir selaku Menko PMK, juga meminta agar data penerima dari semua program bansos yang ada di Kemensos maupun Kemendes PDTT agar diintegrasikan.

"Yang paling penting harus dipastikan pengawasan ketat agar semua bansos benar-benar tersalur ke penerimanya dan dibelanjakan," ucap Menko PMK.

Para penerima bantuan harus menyiapkan kelengkapan data KPM seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, dan tanggal lahir.

Data tersebut nantinya diperlukan untuk pembukaan rekening bansos di bank Himbara.

Daftar penerima bantuan sosial dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyampaikan informasi tersebut setelah memimpin rapat tingkat menteri terkait evaluasi dan percepatan penyaluran bansos, Senin (10/5/2021).

Menko PMK meminta agar semua data penerima program bansos yang ada segera diintegrasikan.

"Yang paling penting harus dipastikan pengawasan ketat agar semua bansos benar-benar tersalur ke penerimanya dan dibelanjakan," ujarnya, dikutip dari laman Kemenkopmk.go.id, Selasa (11/5/2021).

Ini merupakan upaya dan strategi pemerintah agar daya beli dan roda ekonomi di Indonesia dapat bergerak kembali.

Laman web di http://cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id)
Halaman
12