Pernikahan Dihadiri Presiden Jokowi, Atta Halilintar Ternyata Setor ke Negara Rp 78 M Tiap Tahun

Editor: Galuh Palupi
Penampilan Jokowi dan Iriana di pernikahan Atta Aurel.

TRIBUNSTYLE.COM - Pernikahannya sampai dihadiri Presiden Jokowi, Atta Halilintar rupanya termasuk penyumbang besar uamg pajak yang masuk ke negara setiap tahunnya.

Seperti diketahui suami dari Aurel Hermansyah itu memiliki subscriber YouTube sebesar 26,8 juta.

Oleh karenanya, bukan hal yang mengherankan jika Atta Halilintar bisa meraup puluhan miliar rupiah dari platfrom berbagi video itu.

Penampilan Jokowi dan Iriana di pernikahan Atta Aurel. (rctiplus)

Penghasilan yang besar tentu membuat Atta Halilintar diharuskan membayar pajak yang besar juga.

Melansir Kompas.com dalam artikel 'Penghasilan Atta Halilintar dari YouTube Rp 22 Miliar Per Bulan, Berapa Kira-kira Pajaknya?', dalam satu tahun, Atta Halilintar dilaporkan harus membayar pajak sebesar Rp 78 miliar.

Sebagai informasi, saat ini belum ada kebijakan khusus yang mengatur pajak untuk selebgram maupun Youtuber. Mereka membayar pajak mengikuti ketentuan pajak penghasilan (PPh) yang dikenakan kepada pekerja seni.

Sebagaimana dikutip dari situs Direktorat Jenderal Pajak, para influencer online terbagi menjadi dua kategori, yakni yang menggunakan jasa agen atau manajemen artis, serta yang independen.

Baca juga: Digandeng Manis oleh Krisdayanti & Ashanty, Atta Halilintar Rupanya Hanya Ingin Ini, Tak Muluk-muluk

Bagi Youtuber dan selebgram di bawah naungan agensi, dikenakan PPh pasal 23. Sementara jika dia merintis sendiri, dikenakan PPh Pasal 21.

Atta merupakan Youtuber yang membangun sendiri bisnisnya atau pekerja seni yang bukan pegawai, maka ia dikenakan pajak PPh Pasal 21.

Untuk penghasilan tahunan di bawah Rp 4,8 miliar, dasar pengenaan dan pemotongan PPh 21 (tarif norma) adalah 50 persen dari jumlah penghasilan bruto.

Halaman
1234