Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

5 Fakta Penting Kartu Pra Kerja, Cara Daftar Online, Simak Jadwal dan Detail di www.prakerja.go.id

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cara Daftar Online Kartu Pra Kerja

TRIBUNSTYLE.COM - Merebaknya virus corona yang kian meluas membuat kebijakan pemerintah meluncurkan kartu Pra Kerja.

Rencananya pemerintah akan segera membuka akses pendaftaran kartu pra kerja pada minggu kedua bulan April, Senin (6/4/2020). 

Kartu Pra Kerja adalah bagian dari kebijakan yang dijanjikan oleh Jokowi pada kampanye pilpres 2019, kartu Pra Kerja akan dapat diakses pada minggu kedua bulan April.

Pelaksanaan program kartu pra kerja ini juga menjadi salah satu stimulus untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi virus Corona yang sedang menyerang Indonesia saat ini. 

Kabar Gembira Bagi Korban PHK Akibat Corona, Kartu Pra Kerja 2020 Siap Beri Bantuan Rp 3,5 Juta

6 Fakta Kartu Pra Kerja: Kapan Dibuka, Peserta Dapat Uang 650 Ribu Rupiah hingga Cara Pendaftaran

Website kartu pra kerja (https://www.prakerja.go.id/)

Pelaksanaan Kartu Pra Kerja 2020 merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Selain itu, tujuannya juga untuk memberi perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah Covid-19 terhadap perekonomian nasional.

Pemegang kartu Pra Kerja akan mendapatkan fasilitas dan previlege langsung dari pemerintah.

Sebelum mendaftar, berikut 5 Fakta menarik mengenai kartu Pra Kerja. 

1. Pemerintah Targetkan 5.6 juta Pemegang Kartu Pra Kerja 2020

Dilansir dari wawancara yang dilakukan oleh Kompas pada Denni Purbasari, Direktur Eksekutif  Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja, mengatakan program ini menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Daftar Kartu Pra Kerja 2020 Dibuka Mulai Minggu Kedua April,"

2. Pelatihan Bersertifikasi dan Insentif 

Pemegang kartu Pra Kerja akan mendapat pelatihan khusus dari DISNAKER. Tidak hanya itu, akan disediakan sertifikat kompetensi yang akan menunjang daya saing pemegang kartu di pasar tenaga kerja. 

Selain itu, insentif bulanan yang ditransfer oleh pemerintah ke akun prakerja akan bisa menjadi modal awal pencari kerja untuk mendaftarkan diri ke pekerjaan-pekerjaan yang diinginkan.

Halaman
1234