Breaking News:

Ratu Inggris Meninggal

Apa Itu Tradisi Operasi Jembatan London? Ratu Elizabeth Meninggal, Jadwal Liga Inggris Mungkin Tunda

Mengenal tradisi Operasi Jembatan London, tradisi menandai kematian seorang raja Inggris, berisi rencana rinci apa saja yang mesti dilakukan.

AFP Photo/Ben Stansall
Mengenal Operasi Jembatan London, tradisi yang diselenggarakan saat seorang raja meninggal dunia. 

TRIBUNSTYLE.COM - Mengenal tradisi Operasi Jembatan London atau London Bridge, tradisi menandai kematian seorang raja, berisi rencana rinci apa saja yang mesti dilakukan.

Ratu Elizabeth II, pemimpin Kerajaan Inggris, meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Hal itu membawa kemungkinan ditundanya Jadwal Liga Inggris dua pekan mendatang.

Sebelumnya diumumkan otoritas kerajaan, Ratu Elizabeth II, pemegang pemerintahan terpanjang dalam sejarah Inggris, wafat di Istana Balmoral, Skotlandia.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Istana Balmoral sore ini (waktu setempat-red). Raja dan permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok."

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Sosok Ini Akan Naik Takhta Jadi Raja Inggris

Belum ada rincian resmi yang dirilis terkait apa yang bakal terjadi selama beberapa hari mendatang.

Ratu biasanya dimakamkan secara kenegaraan, dengan tradisi menandai kematian seorang raja, di mana negara secara resmi memasuki periode berkabung sepanjang 12 hari.

Tradisi di sekitar hari meninggalnya Ratu, dikenal sebagai Operasi Jembatan London, berisi rencana rinci apa saja yang mesti dilakukan sejak meninggalnya pemimpin Inggris itu.

Operasi London Bridge mencangkup segala sesuatu jika Ratu Elizabeth II meninggal dunia, mulai dari apa yang akan terjadi pada jenazahnya hingga segala hal terkait pemakaman.

Operasi Jembatan London diprediksi berdampak terhadap berbagai acara olahraga di Inggris Raya.

Seperti dilaporkan Football London, apabila Ratu meninggal, Premier League mengikuti panduan dari Departemen Kebudayaan, Media dan Olahraga (DCMS). Media itu menyebut pertandingan sepak bola selama akhir pekan ini hampir pasti dibatalkan. 

Ini termasuk pertandingan liga sepak bola strata tertinggi, Liga Inggris, EFL Cup, Liga Skotlandia dan Liga Irlandia serta Liga Walsh, di mana masing-masing negara masuk dalam wilayah Inggris Raya.

Setelah kematian George VI pada 1952, pertandingan rugby dan hoki dibatalkan, sementara pertandingan sepak bola berlanjut. Saat itu suporter menyanyikan Abide With Me dan lagu kebangsaan sebelum kick-off pertandingan.

Menyusul kematian Putri Diana pada Minggu, 31 Agustus 1997, pertandingan Liga Inggris antara Liverpool vs Newcastle United langsung ditunda. Adapun jadwal pertandingan liga akhir pekan juga diundur ke pekan berikutnya, guna menghindari bentrok dengan pemakaman Diana.

Lantas apa saja isi operasi Jembatan London atau operasi London Bridge?

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved