Breaking News:

Selain Vaksin Lengkap & Booster, Satgas Covid-19 Minta Masyarakat yang Mudik Lebaran Patuhi Hal Ini

Selain vaksin lengkap dan booster, satgas Covid-19 minta masyarakat yang mudik lebaran patuhi hal ini.

Editor: Dhimas Yanuar
Warta Kota/ Henry Lopulalan
Selain vaksin lengkap dan booster, satgas Covid-19 minta masyarakat yang mudik lebaran patuhi hal ini. 

TRIBUNSTYLE.COM - Selain vaksin lengkap dan booster, satgas Covid-19 minta masyarakat yang mudik lebaran patuhi hal ini.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan regulasi terkait syarat mudik Lebaran 2022.

Regulasi Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022, tidak hanya mengatur vaksinasi Covid-19 saja, tetapi ada beberapa aturan lain yang harus dipatuhi pemudik.

Baca juga: Tips Terima Vaksin saat Ramadhan 2022 Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro

Baca juga: CARA Cek Lokasi Vaksin Booster Covid-19 Sebagai Syarat Agar Bisa Mudik dan Lebaran 2022

Vaksin corona Covid-19 Pfizer.
Vaksin corona Covid-19 Pfizer. (JUSTIN TALLIS / AFP)

Setiap individu yang melaksanakan mudik Lebaran wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Pemudik wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu serta mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.

Selama perjalanan, pemudik harus menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan.

Apabila pemudik menggunakan transportasi umum, pemudik juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

Pengguna transportasi umum udara tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam.

"Terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut," bunyi isi SE yang ditandatangani Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Suharyanto pada 2 April 2022.

Selain itu, setiap pemudik wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

Pasalnya, melalui aplikasi ini, setiap operator moda transportasi akan memeriksa persyaratan perjalanan pada setiap pemudik.

Seperti diketahui, bagi pelaku perjalanan domestik yang hendak mudik ke daerahnya tapi telah menerima vaksinasi dosis ketiga (booster), tak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 berupa tes antigen maupun polymerase chain reaction (PCR).

Lain halnya bagi pemudik yang baru menerima dosis kedua atau dosis pertama vaksinasi Covid-19, wajib menunjukkan hasil negatif tes Covid-19.

Bagi pemudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam, atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved