Breaking News:

Pelajaran Sekolah

Indonesia Jadi Salah Satu Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Dunia, Daftar Perkebunannya di Nusantara

Berikut sejumlah wilayah penghasil sawit terbesar di Indonesia, jadikan nusantara salah satu pengekspor sawit terbesar di dunia.

KOMPAS/SYAHNAN RANGKUTI
Hutan Kelapa Sawit di Indonesia 

TRIBUNSTYLE.COM - Hasil perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu komoditas unggulan asal Indonesia. Kelapa sawit sering diekspor ke berbagai negara di dunia.

Selain karena keunggulannya, produksi perkebunan ini juga berperan besar dalam pembangunan ekonomi.

Melansir dari situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Tiap tahunnya hasil produksi minyak sawit serta inti sawit bisa mencapai puluhan juta ton.

Menurut Rustam Effendi Lubis dan Agus Widanarko dalam Buku Pintar Kelapa Sawit (2011), kelapa sawit di Indonesia diperkenalkan sejak masa pemerintahan Belanda, yakni sekitar tahun 1848. Saat itu, kelapa sawit dianggap sebagai tanaman hias.

Namun, kini kelapa sawit telah menjadi salah satu komoditas perkebunan di Indonesia.

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Daun Tanaman Hias Menguning dan Cara Mengatasinya, Perhatikan Cahaya

Baca juga: 5 Tanaman Bunga Dalam Ruangan yang Bisa Memberi Bau Semerbak Wangi

Tidak semua kawasan di Indonesia bisa ditanami kelapa sawit. Karena tumbuhan ini sangat bergantung pada kondisi iklim dan jenis tanahnya.

Sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia mempunyai beberapa daerah atau kawasan yang sangat dikenal akan produksi hasil perkebunan ini. Perkebunan kelapa sawit banyak terdapat di wilayah:

  • Riau

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Riau menjadi kawasan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Pada 2017, Riau memiliki total lahan sawit sebesar 2.703.199 hektar.

Jumlah ini terus bertambah, hingga 2021, diperkirakan Riau mempunyai lahan kelapa sawit sebesar 2.895.083. Dengan lahan sebesar itu, tentunya hasil perkebunan beserta pengolahannya bisa mencapai puluhan ton.

  • Sumatera Utara
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved