Breaking News:

Pelajaran Sejolah

10 Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan: dari Ukuran, Lisosom hingga Silia

Berikut 10 perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang belum banyak orang tak tahu, dari ukuran, lisosom, hingga silia.

openstax.org
Sel tumbuhan dan organelnya 

TRIBUNSTYLE.COM - Berikut 10 perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang belum banyak orang tak tahu, dari ukuran, lisosom, hingga silia.

 Bumi dihuni oleh berbagai makhluk hidup, dua di antaranya adalah hewan dan tumbuhan.

Hewan dan tumbuhan adalah dua makhluk hidup yang sangat berbeda dari mulai kebiasaan, fisik, dan fungsi tubuhnya.

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama.

Sel hewan adalah unit fungsional dasar yang membangun tubuh hewan. Adapun sel tumbuhan adalah unit fungsional dasar yang membangun tubuh tumbuhan.

Baca juga: Sea Squirt, Hewan Penyedot Polutan Plastik, Begini Caranya Selamatkan Bumi

Baca juga: 7 Hewan dengan Suara Terkeras di Dunia, dari Hewan yang Hidup di Laut hingga Udara

Berikut adalah perbedaan sel tumbuhan dan sel tumbuhan yang wajib kamu ketahui: 

Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dari sel hewan. Dilansir dari Microbe Notes, ukuran sel tumbuhan berkisar 10 um hingga 100 um, sedangkan sel hewan memiliki ukuran sel berkisar 10um hingga 30 um.

  • Keberadaan dinding sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel terdiri dari membran sel dan juga selulosa yang bersifat kaku.

Sehingga sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku seperti kubus atau persegi panjang dan cenderung tidak berubah.

Sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel, namun hanya memiliki membran sel. Tidak seperti dinding sel yang keras dan kaku, membran sel memiliki sifat yang tipis dan elastis. Sehingga sel hewan cenderung berbentuk bulat hingga tak beraturan, mengikuti isi organel di dalamnya.

  • Perbedaan ukuran vakuola

Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki vakuola, yang membedakan hanyalah ukurannya. Sel tumbuhan memiliki satu vakuola (vakuola tunggal) yang besar (menempati 90 persen dari volume sel), sedangkan sel hewan memiliki banyak vakuola dengan ukuran kecil.

Baca juga: AWAS Ini 7 Hewan Paling Beracun di Dunia: Ubur-ubur, Siput hingga Kadal, Pahami Ciri-cirinya

Baca juga: Mengapa Ulat Bisa Berubah Menjadi Kupu-kupu? Berikut Tahapan Metamorfosis Sempurna Hewan

  • Keberadaan lisosom

Sel hewan memiliki lisosom yang mengandung enzim pencernaan untuk memecah makromolekul makanan dan juga enzim hidrolitik yang membunuh bakteri dalam tubuh hewan.

Sedangkan sel tumbuhan seringkali tidak memiliki lisosom, hal ini dikarenakan pemecahan degradasi molekulnya sudah ditangani oleh badan golgi.

  • Keberadaan kloroplas

Baik sel tumbuhan maupun sel hewan, keduanya memiliki mitokondria namun hanya sel tumbuhan saja yang memiliki kloroplas.

Dilansir dari Lumen Learning, kloroplas merupakan organel sel yang mengandung klorofil yang dapat menangkap energi sinar matahari untuk fotosintesis.

Keberadaan kloroplaslah yang membuat tumbuhan dapat berfotosintesis, sedangkan hewan tidak bisa.

  • Keberadaan plastida

Sel hewan tidak memiliki plastida, sedangkan sel tumbuhan memiliki plastid. Plastida pada sel hewan berfungsi membantu fotosintesis dan memberikan warna (pigmen) pada tumbuhan.

  • Keberadaan sentriol

Sel hewan memiliki organel sentriol yang membantu proses pembelahan sel pada proses replikasi DNA. Sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki organel sentriol di dalamnya. Hal ini terjadi karena sistematika sitokinesis dalam pembelahan sel hewan dan tumbuhan berbeda.

Silia merupakan organel yang bertanggung jawab terhadap pergerakan sel. Sel hewan memiliki silia karena terjadi banyak pergerakan di dalam tubuhnya. Namun sel tumbuhan cenderung stabil dan tidak bergerak, sehingga tidak ditemukan silia sebagai organelnya.

  • Keberadaan plasmodemata

Sel hewan tidak memiliki plasmodemata, sedangkan sel tumbuhan memilikinya. Dilansir dari Molecular Expressions, fungsi plasmodemata dalam sel tumbuhan adalah jembatan hidup yang menghubungkan sitoplasma sel tumbuhan dan memungkinkan komunikasi antarsel.

  • Kemampuan sintesis

Dilansir dari Thought Co, sel tumbuhan dapat mensintesis semua jenis asam amino (20 jenis) sedangkan sel hewan hanya mampu mensintesis 10 jenis asam amino saja. Sel hewan juga tidak mampu mensintesis vitamin dan koenzim, sedangkan sel tumbuhan mampu melakukannya.

(kompas.com / Silmi Nurul Utami)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan"

Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved