Breaking News:

Trending Hari Ini

Presiden Jokowi Turunkan Harga PCR, Pimpinan Komisi IX DPR: Harusnya Rp 200 Ribu, kalau Bisa Gratis!

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh tanggapi keputusan Presiden Joko Widodo yang turunkan harga tes PCR menjadi kisaran Rp 450 ribu.

Editor: Dhimas Yanuar
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ILUSTRASI (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh tanggapi keputusan Presiden Joko Widodo yang turunkan harga tes PCR menjadi kisaran Rp 450 ribu) 

TRIBUNSTYLE.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh menanggapi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menurunkan harga tes PCR menjadi kisaran Rp450-550 ribu. 

Menurut dia, tarif sebesar itu masih belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Sebab, harga idealnya itu adalah Rp200 ribu. Bahkan kalau bisa digratiskan demi memasifkan jumlah tes Covid-19. 

"Harusnya (turun jadi) Rp200 ribu, malah kalau bisa digratiskan, tentu lebih baik," kata Nihayatul kepada Kompas.tv, Minggu (15/8/2021). 

Baca Juga: Jokowi Intruksikan Menkes Turunkan Harga Tes PCR Jadi Rp450-550 Ribu

Baca juga: Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Hotman Paris Bersyukur Keluhannya Ditanggapi oleh Penguasa: Mantap!

Presiden Joko Widodo dicek tekanan darah dan suhu tubuh sebelum divaksin
Presiden Joko Widodo dicek tekanan darah dan suhu tubuh sebelum divaksin (YouTube Sekretariat Presiden)

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut, bila pemerintah tetap mematok harga sebesar Rp450 ribu hingga Rp550 ribu, itu masih memberatkan masyarakat di tengah krisis ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19. 

"Karena kondisi Rp450 ribu untuk masyarakat, tidak untuk kondisi pandemi, apalagi saat ini pandemi masih terbilang cukup mahal. Jadi, apalagi PCR itu kan mesti nunggu dan butuh waktu, tidak seperti antigen. Jadi menurut saya bikin peraturan ini harus diselaraskan," ujarnya. 

Meski begitu, dirinya mengapresiasi Presiden Jokowi yang berani mengambil keputusan tersebut. Namun, dirinya juga berharap agar orang nomor satu di Indonesia itu mempertimbangkan usulannya tersebut.

"Saya apresiasi Presiden membuat instruksi untuk diturunkan harga PCR jadi Rp450 dan saya berharap ini perlu diturunkan lagi sampai yang benar-benar terjangkau kayak antigen," kata dia.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh saat rapat kerja secara virtual dengan Menteri Kesehatan, Menteri Ketenagakerjaan, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Kamis (2/4/2020).
Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh saat rapat kerja secara virtual dengan Menteri Kesehatan, Menteri Ketenagakerjaan, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Kamis (2/4/2020). (Dok. Humas DPR)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku telah menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menurunkan harga tes PCR Covid-19 di Indonesia. 

Ia meminta agar tarif pengetasan tersebut harganya hanya sekitar Rp450 ribu hingga Rp550 ribu. 

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved