Breaking News:

Anti Ribet, Daftar Nikah di KUA Bisa Online, Simak Cara, Syarat, Alur, dan Biaya Nikah Tahun 2021

Tak perlu datang ke KUA, daftar menikah bisa dilakukan secara online, ini syarat, cara, alur dan biaya nikah tahun 2021

salon.com
Ilustrasi pasangan menikah 

TRIBUNSTYLE.COM - Tak perlu ribet, saat ini daftar nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) bisa dilakukan secara online melalui laman simkah.kemenag.go.id.

Hanya dengan mengakses laman resmi tersebut, pasangan calon pengantin (catin) bisa mengetahui info seputar pendaftaran pernikahan di KUA, mulai dari pengecekan ketersediaan hingga booking tanggal nikah .

Jadi, pasangan catin tidak perlu mendatangi KUA setempat, karena proses pendaftarannya bisa dilakukan dari rumah melalui laman tersebut.

Akan tetapi, meski pendaftarannya bisa dilakukan secara online, tetap perlu menyiapkan dokumen dan syarat-syaratnya, sebelum dan sesudah pendaftaran.

Sebab syarat nikah terbaru yang berlaku tahun 2021 ini yaitu kelengkapan dokumen pendaftaran nikah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) PMA Nomor 20 Tahun 2019.

Seperti dilansir dari laman Info Pendaftaran di simkah.kemenag.go.id, sebelum melakukan pendaftaran nikah secara online, calon pengantin terlebih dahulu menyiapkan NIK calon suami, NIK calon istri dan NIK orang tua/wali.

Selain itu, calon pengantin juga harus menyiapkan sejumlah dokumen lainnya untuk daftar nikah di KUA.

Adapun tata cara daftar nikah secara online, syarat dan alur mengurus dokumen, serta biaya nikah dapat disimak dalam artikel berikut.

Syarat dokumen daftar nikah di KUA

Adapun berkas persyaratan nikah yang dibutuhkan sebagaimana dilansir dari laman Simkah.kemenag.go.id adalah sebagai berikut:

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Nafis Abdulhakim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved