Breaking News:

SAMBUT Puasa Ramadhan 2021, Simak Tata Cara Mandi Wajib Bagi Pria dan Wanita

Dilansir dari YouTube Kajian Islam, Rabu (22/4/2020), Ustaz Abdul Somad mendapat pertanyaan soal persiapan menyambut bulan Ramadhan.

Net
Ilustrasi tata cara dan niat mandi wajib jelang Ramadhan 

TRIBUNSTYLE.COM - Dilansir dari YouTube Kajian Islam, Rabu (22/4/2020), Ustaz Abdul Somad mendapat pertanyaan soal persiapan menyambut bulan Ramadhan.

"Saya akan sampaikan 5 amalan menyambut Ramadhan," kata Ustaz Abdul Somad dikutip dari artikel Tribun Palu 'Hukum dan Tata Cara Mandi Wajib sebelum Puasa Ramadhan'.

Yang pertama yakni amalan yang kita persiapkan menyambut Ramadhan adalah memperbaiki hubungan kepada Allah dengan taubatan nasuha.

"Yang selama ini mencuri berhenti, yang selama ini mencuri laki orang berhenti, yang selama ini melirik bini orang berhenti," kata Usta Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad juga menjelaskan, taubat yang dilakukan yakni dengan cara mandi taubat.

"Gimana cara mandi taubat? Sama dengan mandi wajib, basah semuanya basah dari ujung rembut sampai ujung kaki," jelasnya.

Kemudian setelah mandi, umat Muslim juga sebaiknya melaksanakan shalat dua rakaat.

Baca juga: Bolehkah Buka Puasa Bersama saat Ramadhan 2021? Ini Aturan yang Telah Diterbitkan Kemenag

"Ushalli sunnatan taubat rokataini lillahi taala, kemudian dia istighfar minta ampun pada Allah, maka Allah mengampuni dosa-dosanya, dan perbanyak istighfar," tutur Ustaz Abdul Somad.

ILUSTRASI mandi.
ILUSTRASI mandi. (baychoicebariatrics.com)

Lalu bagaimanakah cara melakukannya?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi, dikatakan jika mandi wajib bagi pria adalah menyela pangkal rambut, sedangkan untuk wanita tidak perlu melakukan hal tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Galuh Palupi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved