Breaking News:

MAU Dibunuh Dilempari 5 Granat, Soekarno Bukannya Berlindung Justru Lakukan Aksi Tak Terduga

Selama 22 tahun menjadi presiden, Soekarno atau Bung Karno sudah banyak mengalami suka dan duka termasuk upaya pembunuhan.

Editor: Galuh Palupi
Arsip Negara
Momen saat Presiden Soekarno menangis di makam Jenderal Ahmad Yani, Pahlawan Revolusi 

TRIBUNSTYLE.COM - Selama 22 tahun menjadi presiden, Soekarno atau Bung Karno sudah banyak mengalami suka dan duka termasuk upaya pembunuhan.

Berbagai upaya pembunuhan terhadap Soekarno dilakukan oleh kelompok anti-Soekarno baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mulai dari menggunakan sepucuk pistol hingga jet tempur MiG-17 yang diterbangkan oleh pilot profesional Daniel Maukar dari AURI.

Momen saat Presiden Soekarno menangis di makam Jenderal Ahmad Yani, Pahlawan Revolusi
Momen saat Presiden Soekarno menangis di makam Jenderal Ahmad Yani, Pahlawan Revolusi (Arsip Negara)

Tapi dari sekian upaya pembunuhan terhadap Bung Karno, termasuk yang didalangi oleh para agen rahasia CIA, hanya satu yang nyaris berhasil dan menimbulkan korban cukup besar.

Yakni upaya pembunuhan berdarah yang berlangsung pada 30 November 1957 di Jakarta.

Bagaimana kronologisnya?

Hari itu sekitar pukul 20.55 WIB, Bung Karno dan para pengawalnya sedang berjalan keluar dari acara ‘malam amal’ yang berlangsung di Perguruan Cikini, Jakarta Pusat.

Baca juga: 7 FAKTA Presiden Soekarno yang Tak Tersorot, Agama, Pendidikan Hingga Sosok Istri-istrinya

Sekitar 500 tamu, para pengajar, dan murid-murid menyambut Bung Karno penuh suka cita mulai dari awal hingga akhir acara.

Ketika akan meninggalkan acara, Bung Karno menuruni tangga dari lantai dua ke lantai dasar yang saat itu dipenuhi anak-anak dalam posisi berdiri berjajar meski sedang turun hujan.

Sambil membelai rambut anak-anak yang mengerumuninya, Bung Karno berjalan menuju mobil kepresidenan yang sudah menunggunya dalam kondisi pintu sudah terbuka.

Halaman
1234
Sumber: Intisari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved