Breaking News:

Mulai Hari Ini! Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Indonesia, Bakal Terjadi di Surabaya & Jakarta

LAPAN) menyebutkan bahwa mulai hari ini, sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan, bakal terjadi hingga April 2021.

Randomrantsruminationsramblings
Ilustrasi Fenomena Alam Hari Tanpa Bayangan 

TRIBUNSTYLE.COM - LAPAN menyebutkan bahwa mulai hari ini, sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan, bakal terjadi hingga April 2021.

Fenomena unik kembali terjadi di Indonesia.

Dan kali ini disebut bahwa di berbagai kota dan daerah di Indonesia akan menagalami fenomena hari tanpa bayangan.

Dilansir dari Kompas.com, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Peneliti dari Pusat Sains Antariksa) merilis keterangan tentang fenomena terbaru ini.

Andi Pangerang melalui laman edukasi sains lapan menyampaikan, Matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari.

Kejadian ini akan bermula pada pekan keempat di bulan Februari atau awal bulan Maret hingga pekan pertama di bulan April 2021.

"Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari," jelas dia.

Baca juga: GEGER Fenomena Puting Beliung Besar di Tengah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Begini Kesaksian Warga

Baca juga: BMKG Prediksi Curah Hujan di Jabodetabek Meningkat, Puncak Musim Hujan hingga Maret 2021

Indonesia | Deretan Wilayah <a href='https://style.tribunnews.com/tag/indonesia' title='Indonesia'>Indonesia</a> yang Akan Alami Hari Tanpa Bayangan,  Simak Tanggalnya - Tribun Travel - Hari Tanpa Bayangan

Andi menuturkan, hari tanpa bayangan Matahari di sebagian besar wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun, tepatnya di kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara (23.4 derajat Lintang Utara) dan Garis Balik Selatan (23,4 derajat Lintang Selatan).

Sedangkan, untuk kota-kota yang terletak tepat di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali dalam setahun yaitu ketika Solstis Juni (21/22 Juni) maupun Solstis Desember (21/22 Desember).

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Dhimas Yanuar Nur Rochmat
Editor: Dhimas Yanuar
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved