Breaking News:

Gadis 4 Tahun Ini Lumpuh Setelah Tertular COVID-19, Ayah Meninggal, Sempat Alami Gejala Neurologis

Gadis 4 tahun ini mengalami kelumpuhan serta kelainan neurologis langka yang menyerang tulang belakang, akibat tertular covid-19.

Facebook UNM Health Sciences
Sempat terpapar covid-19, Stella Martin alami kelumpuhan. 

Reporter: Joni Irwan Setiawan

TRIBUNSTYLE.COM - Seorang anak perempuan berusia 4 tahun mengalami kelumpuhan setelah didiagnosis myelitis transversal akut, kelainan neurologis langka yang menyerang tulang belakang, akibat tertular covid-19.

Stella Martin dilarikan ke San Juan Regional Medical Center di Farmington, New Mexico, pada April 2020 setelah mengeluh kepada ibunya tentang sakit punggung, menurut laman Koat.

Ibunya, Cassandra Yazzie, mengatakan kepada stasiun berita bahwa Stella segera lemas dalam pelukannya dan harus diterbangkan ke Rumah Sakit UNM di Albuquerque.

Di sana, Stella didiagnosis dengan covid-19 dan myelitis melintang yang telah akut, kata Yazzie, dikutip dari laman Koat, (31/1/2021).

Dokter percaya antibodi Stella mulai menyerang sumsum tulang belakangnya, sehingga menyebabkan peradangan.

Menurut Mayo Clinic dikutip dari People.com, myelitis transversal adalah peradangan pada sumsum tulang belakang yang sering merusak bahan isolasi yang menutupi serabut sel saraf.

Baca juga: Rusia Sentuh 3,8 Juta Kasus dan Masih di Posisi 4 Dunia, Ini Update Covid-19, Minggu 31 Januari 2021

Baca juga: Update Virus Corona Nasional 31 Januari 2021, Bertambah 12.001, Total 1.078.314 Kasus Covid-19

Sempat terpapar covid-19, Stella Martin alami kelumpuhan.
Sempat terpapar covid-19, Stella Martin alami kelumpuhan. (Facebook UNM Health Sciences)

Gangguan ini mengganggu pesan yang dikirim saraf tulang belakang ke seluruh tubuh, menyebabkan nyeri, kelemahan otot, masalah sensorik, disfungsi kandung kemih dan usus, atau kelumpuhan.

Stella, yang ayahnya meninggal karena komplikasi terkait COVID-19 setelah dia dirawat di rumah sakit, menghabiskan delapan bulan di UNM sebelum dia dipulangkan pada hari Senin.

Dalam video yang dibagikan oleh Ilmu Kesehatan UNM di Facebook minggu ini, Stella tampak dipulangkan dari rumah sakit dan mendapat tepuk tangan dari para pekerja medis.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Joni Irwan Setiawan
Editor: Ika Putri Bramasti
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved