Breaking News:

Arab Saudi Buka Bertahap Ibadah Umrah Setelah Sempat Ditutup, Dimulai Tanggal 4 Oktober

Pemerintah Arab Saudi akan mulai mengizinkan jemaah dalam negeri untuk mengawali ibadah umrah mulai Minggu, 4 Oktober 2020.

Editor: Galuh Palupi
Freepik
Ilustrasi jamah berdoa di depan Kabah 

TRIBUNSTYLE.COM - Pemerintah Arab Saudi akan mulai mengizinkan jemaah dalam negeri untuk mengawali ibadah umrah mulai Minggu, 4 Oktober 2020.

Meski begitu, ibadah umrah akan dilaksanakan secara bertahap.

Kemudian jemaah dari luar negeri akan diizinkan pada Minggu, 1 November 2020.

 

Melansir dari Kompas dalam artikel "Dibuka Bertahap Mulai 4 Oktober 2020, Berikut Tahapan Umrah di Tanah Suci".

Kantor berita SPA melaporkan Arab Saudi mengizinkan pengunjung dari negara-negara tertentu yang dianggap aman untuk melakukan umrah.

Ilustrasi Kabah di Masjidil Haram
Ilustrasi Kabah di Masjidil Haram (Freepik)

Lebih lanjut, pelaksanaan ibadah umrah harus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Sementara sumber dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, Kerajaan Arab Saudi menyetujui kemungkinan pelaksanaan umrah dan kunjungan ke Dua Masjid Suci tersebut secara bertahap.

Selain perkembangan penyebaran virus corona dan aspirasi dari berbagai umat Islam di dalam dan luar negeri, pelaksanaan umrah tersebut juga berdasarkan ketajaman kepemimpinan terhadap kesehatan dan keselamatan pengunjung Dua Masjid Suci tersebut.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengujungi masjid Nabawi sejak Maret 2020.

Adapun penangguhan pelaksanaan umrah tersebut lantaran merebaknya virus corona di sejumlah negara.

tribunnews
Ilustrasi ibadah umrah. (WARTA KOTA)

Tahapan pelaksanaan umrah

Pada Kamis (5/3/2020), situasi di sekitar Kabah, di dalam Masjidil Haram, Arab Saudi, kosong dari para jemaah saat diberlakukan sterilisasi.

Tingginya jumlah penyebaran virus corona di dunia mengakibatkan Pemerintah Arab Saudi memilih menutup sementara  kegiatan umrah dan melakukan sterilisasi di sekitar Kabah termasuk lokasi untuk melakukan sai di antara Bukit Safa dan Marwah.

Persetujuan pihak kerajan pun telah diberikan untuk memungkinkan pelaksanaan umrah dan kunjungan ke Dua Masjid Suci secara bertahap sambil mengambil tindakan pencegahan kesehatan yang diperlukan.

Halaman
12
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved