Breaking News:

BANTAH Bocah di Uang Rp 75 Ribu Pakai Baju China, Keluarga: Ayah Ibunya Asli Melayu Pontianak!

Dituding pakai bagu China, pihak keluarga dari bocah Suku Tidung yang ada uang Rp 75 ribu edisi HUT ke-75 RI buka suara

Editor: Monalisa
Dok. Facebook Sejarah Tidung
Ilustrasi anak menggunakan pakaian adat Suku Tidung, Kalimantan Utara 

TRIBUNSTYLE.COM - Keluarga dari bocah Suku Tidung yang ada uang Rp 75 ribu edisi HUT ke-75 RI buka suara.

Heboh dituding pakai baju China di uang Rp 75 ribu edisi Kemerdekaan Indonesia, pihak keluarga bocah Suku Tidung angkat bicara.

Lewat akun Facebooknya, tante dari bocah Suku Tidung tersebut membantah tudingan netizen yang mengatakan keponakananya memakai baju China.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan identitas asli dari bocah laki-laki yang mengenakan busana adat Suku Tidung di uang Rp 75 ribu tersebut.

Sebelumnya Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim juga sempat membantah tudingan netizen tersebut.

Ia menegaskan jika anak yang ada di gambar paling tengah dalam uang Rp 75 ribu tersebut asli memakai baju adat Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Awalnya Hanya Diminta Kirim Foto Anak, Telly Kaget Ada Wajah Putrinya di Uang Baru Rp 75 Ribu

Kaget Wajah Anaknya Ada di Uang Rp 75 Ribu, Orangtua Ini Angkat Bicara: Kami Tanya Katanya Rahasia

Ilustrasi anak menggunakan pakaian adat Suku Tidung, Kalimantan Utara
Ilustrasi anak menggunakan pakaian adat Suku Tidung, Kalimantan Utara (Dok. Facebook Sejarah Tidung)

"Itu adalah pakaian adat dari Kalimantan Utara, baju adat Suku Tidung. Coba carilah di Google, mengenai pakaian adat daerah Suku Tidung, keluar seperti itu," kata Marlison dalam Taklimat Media Uang Peringatan Kemerdekaan ke-75 Tahun RI secara virtual, Selasa (18/8/2020).

Marlison menyebut, Suku Tidung merupakan asli Indonesia. Dengan digambarnya baju adat Suku Tidung seharusnya membuat masyarakat lebih mengenal keanekaragaman budaya.

"Bukan dari Tiongkok. Ini asli darah Indonesia. Justru (dengan) kita tampilkan 9 daerah itu, kita semua sekarang mencari tahu, oh, ternyata luar biasa kebangsaan Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, 9 daerah yang diambil untuk desain rupiah khusus pecahan Rp 75.000 merupakan pakaian adat daerah yang belum pernah diterbitkan sebelumnya dalam mata uang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved