Katy Perry Ganti Rugi Rp 39,8 Miliar Atas Plagiat 'Dark Horse', 4 Penyanyi Ini Juga Pernah Alami

Ternyata Katy Perry bukan penyanyi pertama yang harus ganti rugi soal lagu, 4 penyanyi ini juga pernah dituduh plagiasi

YouTube
Lagu Dark House milik Katy Perry terbukti jiplak lagu Joyful Noise. 

TRIBUNSTYLE.COM - Katy Parry harus membayar ganti rugi 2,78 juta dollar AS atau setara dengan Rp 38,8 miliar karena dianggap menjiplak lagu musisi lain.

Juri Federal di pengadilan Los Angeles menyatakan lagu 'Dark Horse' milik Katy Perry terbukti menjiplak lagu "Joyful Noise" yang dinyanyikan Marcus Gray alias Flame.

Dilansir dari Newyork Times, Putusan pengadilan federal itu dijatuhkan tiga hari setelah juri menemukan bahwa Katy, perusahaan rekaman, dan kolaborator lainnya bertanggungjawab atas pelanggaran hak cipta.

Sebagian besar lagu 'Dark Horse' menyerupai lagu ''Joyful Noice,'' lagu rap Kristen pada 2008 yang dibawakan oleh Marcus Grey, atau yang lebih dikenal dengan Flame.

Sementara itu, lagu Dark House sendiri merupakan salah satu lagu hits Katy Perry yang berhasil terjual hingga lebih dari 13 juta copy.

Lagu Dark House Milik Katy Perry Terbukti Plagiat Lagu Rohani, Yuk Bandingkan Dua Lagu Tersebut!

Download MP3 & Lirik Lagu Never Really Over - Katy Perry Lengkap dengan Terjemahannya di Sini

DOWNLOAD Ariana Grande, Social House - Boyfriend Lengkap Lirik & Video Klip - Unduh MP3 dan MP4

Hakim memutuskan tim yang menggarap 'Dark Horse' pada 2013 harus membayar ganti rugi total 2,78 juta dollar AS (Rp 38,8 miliar) kepada Marcus Gray.

Faktanya, dalam sidang untuk menentukan ganti rugi, juri mendapat keterangan bahwa "Dark Horse" menghasilkan total 41 juta dollar AS (Rp 573 miliar).

Pembagiannya, Katy Perry mendapat sekitar 3 juta dollar (Rp 42 miliar) dan sebagian besar penghasilan lagu itu masuk ke Capitol Records.

Juri memutuskan kerugian yang diderita Gray mencapai 2,78 juta dollar.

Katy Perry harus membayar sekitar 500.000 dollar AS (Rp 7 miliar) sedangkan sisanya ditanggung oleh label musik yang merilis lagu itu.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: sulastri
Editor: Mohammad Rifan Aditya
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved