Waspada! Kertas Minyak Cokelat Pembungkus Nasi Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya, Termasuk Kanker!

Penggunaan kertas minyak cokelat pada pembungkus nasi bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya, termasuk Kanker, begini alternatifnya.

Waspada! Kertas Minyak Cokelat Pembungkus Nasi Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya, Termasuk Kanker!
Kaskus
Kertas minyak makanan 

TRIBUNSTYLE.COM - Tanpa disadari kertas minyak cokelat pembungkus nasi yang kerap digunakan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Umumnya jika ingin membeli nasi atau lauk kita akan mendapati nasi tersebut dibungkus dengan kertas minyak cokelat.

Tak banyak yang tahu, rupanya kandungan yang ada pada kertas minyak colekat pembungkus nasi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

TribunStyle mengutip dari TribunTravel.com, Senin (27/5/2019), kertas minyak cokelat tersebut mengandung bahan yang bernama BPA.

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 8 Manfaat Makan Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh

BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah makan, bukan hanya plastik, tetapi juga kertas.

Dilansir oleh WebMD, Kurunthachalam Kannan, Ph.D., seorang ilmuwan riset di New York State Department of Health, menyatakan bahwa BPA juga terkandung pada kertas pembungkus makanan dengan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi.

Bubuk BPA digunakan untuk melapisi kertas supaya lebih tahan terhadap panas.

Nggak Hanya Mengurangi Stres, Ini 6 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu bahaya dari penggunaan kertas minyak cokelat ini juga pernah disampaikan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan.

Kertas hasil daur ulang ini berarti memiliki komponen tinta dan bahan kimia berat lainnya seperti pemutih, perekat, lilin, atau bahkan logam berat.

Makanan yang dibungus dengan kertas minyak cokelat
Makanan yang dibungus dengan kertas minyak cokelat (Dokter Sehat)
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Octavia Monalisa
Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved